Perkembangan bayi 1 bulan


Apa saja yang bisa dilakukan anak bayi 1 bulan? tingkah laku / aktivitas bayi sebulan masih sangat terbatas, dia belum mampu membalikkan badan sendiri. Kesehariannya hanyalah tidur, menyusu ASI, dan buang air. Jarak pandangnya juga masih terbatas, sehingga responnya terhadap gerakan belum begitu baik. Pendengarannya sudah bekerja dengan baik oleh karena itu dia sangat respon dengan bunyi-bunyian.

Perawatan bayi 1 bulan:
Sangat penting menjaga kebersihan si kecil terutama di daerah yang mudah lembab. Kulitnya masih sangat sensitif terhadap kondisi basah, untuk itu pastikan popoknya selalu cepat diganti bila ia buang air kecil ataupun besar agar terhindar dari ruam. Mandikan si kecil 2 kali sehari, pagi dan sore selengkapnya baca cara memandikan bayi baru lahir.

Bayi 1 bulan belum mampu mengangkat kepalanya sendiri, mandikan ia diatas perlak dengan cara di lap atau siram sedikit dengan air hangat-hangat kuku. Gunakan sabun khusus untuk bayi yang juga mengandung shampo. Seusai mandi segera sisir rambutnya, untuk menghilangkan sisa-sisa kerak di kepala sekaligus menata arah sisiran rambut. Gunakan minyak telon secukupnya dan taburi denga bedak bayi untuk menjaga kulitnya tetap kering sehingga meminimalisir serangan biang keringat.

Banyak bayi 1 bulan berambut tipis, tapi jangan khawatir itu hanyalah rambut sementara. Rambut akan bertambah lebat seiring pertambahan umur. Tidak perlu treatment khusus dalam menyuburkan rambut bayi.

Jaga pertumbuhan bayi dengan ASI ekslusif, perhatikan warna feces; bayi dengan asi ekslusif biasanya memiliki feses berwarna kuning cerah atau terkadang kuning dengan sedikit kehijauan. Durasi pemberian ASI sekitar 2 jam sekali selama 15 menit atau semau bayi. Pastikan tidak memberi tambahan makanan apapun selain ASI, bayi tidak akan kelaparan sebab lambungnya masih sangat kecil sehingga hanya mampu menampung sedikit ASI.

Si kecil memuntahkan susu (ASI) mungkin akan dijumpai pada bayi 1 bulan. Kejadian semacam ini biasa terjadi, tidak usah terlalu khawatir, biasanya karena bayi terlalu banyak minum ASI atau bisa juga karena posisi menyusui yang salah. Baca juga artikel tentang perawatan bayi baru lahir.

Pakaian bayi 0 – 1 bulan:
Selang waktu baru lahir ini bayi masih mengenakan popok dan dibalut bedong. Jadi yang paling perlu diperbanyak adalah koleksi popok dan baju kemeja anak bayi sebulan. Mengapa harus kemeja? Karena lebih mudah dikenakan bila dibandingkan dengan baju kaos, ingat sendi dan perulangan bayi masih sangat lunak, jadi bila kita paksakan mengenakan baju kaos mungkin akan beresiko.

Ada pendapat tentang bayi tidak perlu mengenakan gurita, apa penulis sepaham? Bagaimana ya, saya senidiri mengenakan gurita pada anak saya hingga usia 2 minggu. Memang sulit memahami kontroversi tentang gurita dan bedong ini, secara keilmuan lebih menyarankan tanpa gurita, sedangkan secara tradisi kita orang Indonesia gurita harus dipakaikan pada bayi baru lahir minimal hingga usianya 1 bulan. Saya lebih memilih mengenakan gurita tapi tidak terlalu lama.  Jadi kesimpulannya pakaian anak bayi 1 bulan hanyalah; popok, gurita, baju kemeja, dan bedong. Keempat benda tersbut sebaiknya disediakan dalam jumlah cukup, dan dibeli sebelum bayi lahir, selengkapnya baca di sini.

Mainan bayi 1 bulan
Banyak kita berfikir lebay tentang kebutuhan bayi baru lahir. Mainan, salah satu perlengkapan bayi yang belum begitu dibutuhkan saat usia bayi baru sebulan. Kita harus sadar, kemampuan bayi sebulan masih sangat terbatas, membalikan bada saja mereka belum mampu bagaimana pula cara mereka memainkan mainan? Kalaupun tetap ingin menghadiahinya maka belilah mainan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian serta bisa digantung di box bayi, untuk meningkatkan respon mereka terhadap gerakan dan bunyi.
Itulah seputar perkembangan bayi 1 bulan berdasarkan buku posyandu serta sedikit dari pengalaman penulis. Semoga bermanfaat, lebih dan kurang mari diskusikan di form komentar.


Related Post

Tidak ada komentar: