Tingkah laku anak bayi 1 bulan


Anak bayi 1 bulan bisanya cuman nangis, mimik dan bobok. Jadi jangan pernah khawatir jika anak anda kegiatannya cuman yang tiga itu. Sebab memang itulah yang baru bisa mereka lakukan. Menangis karena basah pipis atau buang air besar, menangis karena lapar, menangis karena kurang nyaman (kepanasan atau kedinginan). “Kata bidan” anak umur 1 bulan kebawah sebaiknya disusui 2 jam sekali (sekurang-kurangnya) dan ketika meyusui biarkan dia sendiri yang menghentikan. “Konsepnya susui bayi semau mereka”.

Adapun perlengkapan bayi 1 bulan yang harus dimiliki:
  1. Bedong, bedong ini sebenarnya bukan hanya untuk menghangatkan bayi saja, tapi menjaga agar mereka tidak bengkok-bengkok ketika diangkat atau digendong. Tulang anak umur kurang dari sebulan masih lunak, bahkan hingga 2 bulan belum bisa mengangkat kepalanya sendiri.
  2. Popok kain, sebaiknya jangan kenakan pampers instan untuk anak bayi umur kurang dari sebulan bahkan kalau bisa untuk anak kurang dari 2 bulan. Alasannya apa ya? Pampers memiliki karet yang sifatnya menekan.. nah tekanan ini dapat mengganggu peredaran darah kan, di lain pihak pampers sering sekali menyebabkan bayi diam saja walaupun sudah pipis, pipis yang mengenai kulit ini bisa menyebabkan ruam popok (jamuran).
  3. Terpal mandi, bayi 1 – 2 bulan mandinya masih ditidurkan di tempat yang datar (meja atau lantai). Nah biar air sabun tidak berceceran maka tidurkan di terpal mandi plastik atau di atas handuk.
  4. Perlengkapan mandi lainnya seperti sabun dan shampoo, spons atau sarung tangan lembut, bak mandi, penghisap ingus dan handuk.
  5. Perlengkapan sesudah mandi; minyak telon, baby oil dan bedak juga sisir rambut.
Agar anda bisa mendapatkan perlengkapan bayi dengan harga murah sebaiknya beli di grosir perlengkapan. Biasanya harga di grosir jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga di toko eceran. Jika di kota anda tidak ada baby shop maka anda bisa membelinya di toko online, atau memesannya melalui saya, saya akan membelikan untuk anda dengan syarat anda menanggung harga dan ongkos kirimnya.

Sisirlah rambut bayi segera setelah selesai mandi, agar lebih mudah menata dan merancang bentuk sisiran kedepannya. Jika disisir setelah rambutnya kering biasanya bentuk sisiran rambut sulit diatur atau ditata. Bayi lebih dari sebulan sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari pagi (kurang dari jam 9) jika sudah lewat jam 9 sebaiknya jangan dijemur lagi.

Apakah bayi 1 bulan sudah bisa diajak bermain? Umumnya belum, mereka belum begitu peka dengan gerakan sebab jarak pandang mereka masih dekat. Namun anak umur sebulan sudah peka terhadap suara yang kadang dapat mengejutkan mereka. Jadi jangan heran jika bayi umur sebulan hanya dapat tertawa atau tersenyum ketika dalam tidur mereka saja :D.


Related Post

No comments: