Cara Merawat Anak Bayi Baru Lahir


Cara merawat bayi baru lahir bisa dibaca selengkapnya di buku posyandu, atau buku panduan ibu dan batita yang banyak dijual di toko buku offline maupun online. Sebenarnya merawat mereka tidaklah terlalu sulit, karena kegiatan aktivitas anak pada saat ini hanya tidur, menyusu, dan buang air. Hampir semua waktu di sepanjang hari digunakan untuk tidur terutama umur 0 – 2 bulan. Hal ini karena pada umur sebulan anak belum bisa bermain, bahkan jarak pandang mereka saja masih terbatas, kepala mereka saja belum bisa diangkat sendiri jadi wajar saja kegiatannya hanya tidur, menangis dan menyusu. Jadi perawatan bayi baru lahir itu hampir sepenuhnya pekerjaan ibu menyusui. Untungnya bagi orang tua pada saat ini belum terlalu banyak peralatan yang harus dibeli.

Adapun perawatan yang paling penting diperhatikan adalah berkaitan dengan kebersihan, yakni;
  • Memandikan
  • Mengganti popok, dan memasang bedong sesudah buang air kecil maupun besar.

Memandikan

Harus dengan hati-hati, tulang leher mereka masih lunak sehingga bayi belum mampu mengankat kepalanya sendiri. Untuk memandikannya perhatikan cara memandikan yang ditunjukkan suster di rumah persalinan. Biasanya suster membalikkan badan anak di meja atau perlak, namun jika kita belum terlalu mahir dalam hal ini sebaiknya jangan ditiru atau dilakuakn. Memandikan mereka tidak seperti pada anak yang sudah bisa duduk, atau berdiri: cara memandian bayi baru lahir (0 – 2 bulan) dapat anda lihat di sini. Intinya adalah kehati-hatian.

Mengganti popok anak.

Cara merawat bayi berkaitan dengan mengganti popok ini dibutuhkan kesabaran sebab anak baru lahir sering sekali buang air kecil maupun besar, jadi dalam sehari biasa saja anak samapi harus diganti popoknya sebanayk 8 kali atau lebih. Setiap kali anak bang air biasanya mereka pasti menangis, hal ini wajar saja oleh karena itu setiap kali dia menangis kita harus sigap untuk memeriksa apakah mereka buang air atau tidak. Jika tidak, biasanya tangisan itu karena haus atau lapar. Kalau kotoran dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau sering disebut ruam popok.

Pada masa bayi baru lahir kita sebagai orang tua (istri maupun suami) harus bersabar, dan siap-siap untuk dibuat begadang slama 3 bulan (ospek nih ye…heheh). Pada umur anak 1 – 3 bulan biasanya pasati akan terbangun di malam hari (tengah malam) karena buang air atau haus.

Mengganti bedong anak.

Mengganti bedong ini hampir sama banyaknya dengan mengganti popok bayi, sebab setiap kali anak buang air biasanya bedong juga ikutan kotor. Ada juga sih orang tua yang hanya membalikkan bedong yang terkena kotoran anak, sebaiknya hal ini jangan dilakukan, selama persediaan bedong masih ada maka gantilah bedong tersebut. Untungnya bedong ini bis tidak dipakai lagi setelah anak berumur lebih dari 3 minggu untuk daerah panas dan 1 bulan untuk daeerah dingin. Manfaat bedong ini bukan hanya untuk menghangatkan, tapi juga untuk memudahkan kita ketika ingin menggendong atau mengangkat bayi baru lahir, dengan adanya bedong sikecil akan lebih aman utnuk diangkat atau digendong.

Itulah beberapa hal perawatan bayi baru lahir yang bisa saya share berdasarkan pengalaman, jika kata-kata atau struktur kalimatnya berantakan harap maklum karena untuk menjelaskan perawatan anak ini memang cukup sulit. Semoga bermanfaat.


Related Post

1 komentar:

Xiong En mengatakan...

Sharenya sangat membantu pengetahuan kami yang baru saja menjadi bapak dan ibu.. terus berkarya dan sukses yah. Makasih banyak