Jenis Perlengkapan Bayi Baru Lahir


Jenis perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli sebenarnya sudah pernah dimuat di blog ini sebelumnya, namun karena artikel tersebut terlalu panjang sehingga menyulitkan kita dalam memahami mana peralatan yang harus dibeli dan mana yang hanya merupakan pelengkap saja maka list perlengkapan bayi untuk akan baru lahir tersbut disederhanakan di halaman ini. berikut ini jenis perlengkapan tersebut:

perlengkapan bayi baru lahir

Pakaian:
  • baju kemeja
  • popok
  • gurita
  • bedong

Perlengkapan mandi dan sanitasi
  • handuk
  • sabun
  • samphoo
  • telon
  • tissue basah

semua perlengkapan bayi baru lahir yang disebutkan diatas harus dibawa kerumah bersalin.

Adapun jumlah dari tiap-tiap jenis perlengkapan bayi tersebut yang sebaiknya dibeli (disediakan) adalah sebagai berikut, untuk baju kemeja, popok, bedong dan gurita sebanyak 1 lusin (minimal). Semuanya harus dalam jumlah banyak karena saat baru lahir sanagt sering buang air (kecil dan besar), di rumah sakit (rumah bersalin) belum tentu kita bisa mencuci semua pakaiannya setiap hari sehingga harus ada stok persediaan yang cukup.

Jumlah perlengkapan mandi dan sanitasi, handuk 2 buah hal ini untuk jaga-jaga jika 1 handuk masih basah masih ada cadangannya, untuk sabun sampho kadang disediakan di rumah bersalin namun alangkah baiknya kita juga mempersiapkannya sendiri. Telon 1 botol dan tissue basah 2 bungkus (ukuran 50 lembar).

Selain perlengkapan bayi yang harus dibeli juga ada perlengkapan untuk ibu baru melahirkan yang harus disediakan seperti: Gurita, pakaian untuk ibu menyusui sebainya memiliki kancing di depan sehingga praktis untuk menyusui. Jenis gurita yang dibeli sebainya gurita dengan perekat saja karena lebih mudah memakainya daripada gurita bertali.

Perlengkapan bayi baru lahir kadang dijual di rumah bersalin, tapi alangkah baiknya semua perlengkapan ibu melahirkan dibeli jauh hari sebelum persalinan. Dengan membelinya jauh hari juga akan lebih meringankan biaya-biaya yang dikeluarkan disaat melahirkan.

Itulah daftar jenis perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli, sekiali lagi belilah semuanya jauh hari sebelum melahirkan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua.


Related Post

Tidak ada komentar: