Memandikan Bayi Usia 1 - 2 Bulan

Hello mom's... Memandikan bayi bisa jadi merupakan salah satu kegiatan yang baru bagi Ibu yang baru melahirkan anak pertama. Sebagian ibu muda, masih sering takut-takut dalam memandikan bayi, bahkan ada yang tidak berani seperti emaknya si kecil di rumah tuh.. Hihihihi. Ketika anak saya dulu masih berusia sampai satu bulan, dimandikan 1 kali sehari. Rutinitas memandikan ini dilakukan nenek dan kadang-kadang saya sebagai seorang Bapak juga memandikan si kecil. memandikan bayi biasanya dilakukan jam 7 pagi, karena waktu itu kami di Kota Padang jadi jam tujuh itu suhu udara sudah tidak terlalu dingin lagi. Ketika bayi memasuki usia lebih dari sebulan, mulai dimandikan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di sore hari setelah Azan Ashar.

Jika ibu bertanya; berapa lama memandikan bayi usia 1 - 2 bulan? Maka konsep yang perlu dipahami dalam hal memandikan anak adalah konsep bersih, semakin ceptat selesai mandi semakin baik. Kalau waktu yang bisa saya perkirakan kurang lebih 3 menit.

Cara dan tahapan memandikan bayi usia dibawah 2 minggu (belum lepas tali pusar):
  1. Siapkan air hangat-hangat kuku untuk air mandi
  2. Lepas semua pakaian dengan hati-hati.
  3. Letakkan bayi di meja pemandian yang dialasi dengan perlak atau kain.
  4. Celupkan kain handuk atau sarung tangan handuk kedalam air hangat-hangat kuku yang telah disediakan tadi.
  5. Usapkan handuk atau sarung tangan mandi basah tersebut terlebih dahulu ke muka dan kepala secara lembut.
  6. Selanjutnya mengusap badan, perlu diperhatikan bagi bayi yang belum jatuh tali pusar sebaiknya ketika mengusap bagian perut, angkat tali pusar tersebut sehingga tidak ikutan basah. 
  7. Nomor 5 dan 6 dilakukan hanya sekali usapan (sekedar membasahi)
  8. Tetesi sabun bayi ke handuk atau sarung tangan mandi dan kucek hingga berbusa, sabuni wajah dan kepala, selanjutnya menyabuni seluruh badan.
  9. Besrsihkan sabun dengan menyiramkan air atau mencelupkan punggung anak kedalam bak mandinya, hati-hati jangan sampai air masuk telinga.
Cara memandikan bayi usia 1 - 2 bulan (sudah lepas tali pusar)
  1. Siapkan air mandi
  2. Setelah semua pakaian bayi dilepas masukkan kedalam bak mandi (kolam mandi), posisi kepala tetap diatas air.
  3. Angkat bayi, letakan di meja mandi dan sabuni seluruh badan mulai dari kepala samapi kaki.
  4. Bersihkan sabun dari badan anak dengan cara menyiram badan bagian depan terlebih dahulu, setelah bagian depan bersih, telungkupkan dan siram bagian punggung.
  5. Cara lain membersihkan sabun pada bagian punggung adalah dengan mencelupkan bagian punggung bayi kedalam kolam mandi.
Setelah selesai memandikan, segera bawa anak ke tempat kering, dan keringkan seluruh badannya dengan handuk lalu segera sisir rambut bayi sesuai dengan model rambut yang diinginkan, setelah itu minyaki kaki dan tangannya dengan baby oil dan beri sedikit pijatan. Seltelah memberi baby oil oleskan telon atau minyak kayu putih ke bagian perut, dada, leher dan punggung juga telapak kaki, pakaikan popok, baju, celana, sarung tangan dan kaki. SELESAI.


Related Post

No comments:

Post a Comment