Fakta Seputar Bayi Terlihat Kurus


Bayi gemuk dan montok begitu menggemaskan, Tapi ingat loh ya.. 'Bayi gemuk belum tentu sehat', ringkasannya bisa dibaca di sini. Kali ini saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang bayi kurus. Pada kegiatan posyandu sering sekali para ibu bertanya pada petugas tentang cara meningkatkan berat badan bayi, padahal saat itu berat anak mereka dalam keadaan normal. Kenapa kok harus bertanya cara menggemukkan bayi? Itulah karena kita para orang tua masih kurang paham tentang perkembangan normal si kecil. Kita hanya mengedepankan ego dan persepsi bahwa bayi gemuk itu terlihat menggemaskan.


Orang tua yang baik tentu tidak mengedepankan ego dan keinginan semata, tapi lebih mengutamakan kesehatan anak. Ingat bu... Obesitas (kegemukan) dapat memperlambat perkembangan psikis anak, bahkan dapat merusak struktur tulang bayi karena tulang mereka tidak mampu menopang berat badan.

Bayi terlihat kurus pada dasarnya karena kita membandingkan dengan anak kecil lainnya. Untuk itu jangan membandingkan postur tubuh anak kita dengan anak orang lain, cukuk timbang berat badan si kecil secara rutin dan bandingkan pada grafik kenaikan berat badan bayi normal yang ada di buku posyandu. Itu jauh lebih aman daripada membandingakannya dengan bayi lain.

Kenaikan bayi normal akan terlihat jelas pada umur 2 - 7 bulan, sebab saat itu aktivitas anak belum banyak, hanya menyusu, tidur dan sedikit berguling. Secara perlahan pertambahan berat badan akan menurun setelah anak pandai merangkak, berdiri apalagi berjalan. Jika pertambahan anak tetap pesat walaupun sudah pandai merangkak dan berjalan sebaiknya konsultasi dengan dokter anak, mungkin pola pemberian makan pada bayi tersebut tidak tepat.

Sangatlah biasa bayi yang sudah aktif bergerak (merangkak dan berjalan) terlihat lebih kurus daripada bayi umur 5 - 6 bulan, jadi jangan terlalu cemas, yang penting bayi dalam keadaan sehat, cukup makan, bermain dan tidur. Tidak perlu memforsir anak untuk mengkonsumsi berbagai jenis menu makanan bayi, cukup ikuti saja pola makan si kecil sesuai anjuran pada kegiatan posyandu. Memberi mereka makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

Bayi dapat dikatakan kurus apabila berat badan mereka dibawah garis normal. Kenaikan berat badan bayi normal dapat diminta pada dokter anak atau di kegiatan posyandu. Untuk itu sebagai orang tua yang baik, sesibuk apapun kita cobalah sempatkan diri untuk mengikuti kegiatan posyandu ini, sebab disanalah kita dapat mendapat informasi yang tepat tentang penanganan bayi yang baik.

Jika berat badan anak umur dibawah 6 bulan kurang dari berat normal biasanya penyebab utamanya adalah karena kurang minum ASI. Jika produksi ASI kurang maka bolehlah kita sebagai orang tua memberi susu formula pengganti ASI. Tapi jika anak kurang minum susu karena ibunya sibuk bekerja, alangkah baiknya si ibu memerah dan menyimpan ASI tersebut sebelum pergi bekerja, saat ini sudah banyak dijual alat untuk memerah dan menyimpan ASI. Selalu ada jalan terbaik untuk perkemabangan anak, asal kita sebagai orang tua mau menjalankannya.


Related Post

Tidak ada komentar: