Skala perkembangan bayi 7 bulan


Bayi umur 7 bulan bisa apa sih? itulah sebuah pertanyaan yang mengarah ke blog si kecil. Pada saat 7 bulan bayi seharusnya sudah mampu menguasai keahlian bayi 6 bulan, yakni; mengangkat kepalanya secara tegak saat tengkurap, menggenggam/ mencengkram benda dengan kuat, mengetahui arah suara dengan baik, dan mampu tersenyum ketika diajak bicara atau tersenyum. Jika kemampuan ini belum dicapai bayi setelah usianya mencapai 7 bulan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan.



Adapun skala perkembangan bayi 7 bulan diantaranya sebagai berikut:
  • Ketika didudukkan dia sudah mampu mengangkat kepala dengan tegak (7 - 9 bulan). Untuk menilai ini cobalah dudukkan bayi di meja atau kursi tanpa busa dengan pengawasan tentunya, perhatikan posisi kepala bayi ketika duduk sendiri tanpa bersandar apakah kepala dipertahankan secara tegak dalam posisi duduk?
  • Suka menjangkau benda apapun yang mampu mereka raih. Cara menilai, letakkan benda warna-warni di dekat bayi, apakah dia berusaha untuk menggapai benda tersebut? (kemampuan di usia 7 - 9 bulan)
  • Sudah mulai mengenal anggota keluarga dengan baik, coba perhatikan ketika dia digendong orang lain yang baru pertama dilihatnya, apakah mereka menangis atau menatap wajah penggendong tersebut secara serius? (7 hingga 9 bulan)
  • Si kecil juga semakin sering mengoceh, tertawa dan berteriak ketika melihat benda yang menarik perhatiannya. Caranya coba tunjukkan benda menarik (warna- warni/ mengeluarkan bunyi), apakah bayi tertawa/ teriak?
Semua perkembangan/ kemampuan bayi diatas tidak harus dimilikinya saat umur 7 bulan, beberapa bayi mampu melakukan hal tersebut pada saat 8 bulan. Ketika anak sudah berumur 9 bulan maka semua keahlian diatas harus dicapainya, jika belum maka konsultasilah dengan dokter anak atau bidan.

Kita dapat juga menstimulasi perkembangan bayi, tapi tidak boleh terlalu dipaksakan, lakukanlah teknik-teknik merangsang perkembangan anak secara bertahap. Ikuti kegiatan posyandu secara rutin, sehingga kontrol perkembangan dan pertumbuhan berat badan bayi normal lebih terjaga. Terlalu gemuk di usia 7 - 9 bulan dapat memperlambat perkembangan anak, sebab berat badan yang berlebih akan menghambat pergerakan mereka. Oleh karena itu selalu timbang bayi di posyandu dan bandingkan dengan grafik pertumbuhan bayi normal yang ada di buku posyandu tersebut.

Jenis mainan mendukung perkembangan mereka saat ini sama saja dengan di usia 5 bulan, intinya utamakan keamanan bahan pembuat mainan, memiliki warna cerah, dan mengeluarkan bunyi-bunyian. Menjelang usia bayi 9 bulan biasanya mereka suka melemparkan benda yang digenggamnya dan juga masih suka memasukkan sesuatu kedalam mulut. Oleh karena itu pastikan tidak ada benda-benda kecil (tertelan), mudah pecah berserakan di lantai. Ketika bayi sudah mampu merangkak biasakan agar rumah tertata rapi.

Pola makan berikut jenis makanan pembantu ASI buat bayi 7 bulan dapat dilihat di sini. Ajarkan juga dia untuk mampu tidur sendiri caranya coba baca di sini, semoga bermanfaat.


Related Post

Tidak ada komentar: