Cara membiasakan bayi tidur sendiri (tanpa digendong)


Untuk menidurkan bayi umur dibawah 7 bulan biasanya harus digendong atau disusui, hal ini sebenarnya karena kebiasaan. Namun terkadang pola tidur seperti ini dapat mengganggu aktivitas orang tua (ibu dan bapak) atau pengasuh. Kasus seperti ini biasa terjadi pada anak yang selalu digendong atau ditimang setiap kali dia menangis. Oleh sebab itu kali ini saya ingin berbagi tips agar anak dapat mulai tidur sendiri. Agar lebih singkat dan mudah dipahami langsung saja lihat dibawah ini:

  1. Anak umur 7 bulan keatas sudah bisa bermain sendiri atau menyukai  (benda-benda tertentu) untuk dimainkan atau digigit-gigit. Jadi ketika ingin menidurkan bayi tanpa harus digendong atau disusui beri dia mainan tersebut.  Ketia dia bermain bersama benda tersebut ajaklah berbicara, contohnya  menyentuh bagian-bagian tubuhnya sambil menyebutkan nama bagian tubuh tersebut. Biasanya anak cukup menyimak ketika kita mengucapkan nama-nama bagian tubuh ini, dan semakin lama menyimak maka dia akan semakin mudah tertidur.
  2. Nyanyikan beberapa lagu-lagu anak sambil berinteraksi dengan bayi yang berada dalam posisi tidur (contonya menepuk-nepukkan kedua tangannya)
  3. Untuk awal-awal membiasakan anak tidur sendiri maka anda juga sebaiknya ikut berbaring disebelahnya, biarkan dia berguling bebas hingga terkantuk.
  4. Jika bayi menangis jangan langsung di gendong,  menangis itu hal yang biasa jadi jangan terlalu cepat untuk cemas jika anak menangis.
  5. Sebelum tidur sendiri pastikan dia sudah makan dan minum, juga pastikan dia sudah cukup bermain.  Biasanya anak juga mudah tertidur jika telah lelah bermain.
  6. Tetapkan jadwal tidur rutin.

Inti dari membiasakan anak tidur sendiri terletak pada kebiasaan orang tuda atau pengasuhnya. Jika orang tua selalu membiasakan diri mengendong anak ketiak menangis maka yakinlah anak akan sulit untuk dapat diajarkan tidur sendiri. Jika selama ini kebiasaan mengendong ini dilakukan sebaiknya mulai saat ini mulai dikurangi. Sebenarnya untuk menghentikan tangisan bayi tidak hanya dengan cara digendong, dengan memberikan beda  (mainan) yang menarik perhatiannya juga bisa kok.

Itulah sekilas tips singkat yang biasa saya lakukan sehingga sekarang anak saya sudah bisa tidur sendiri tanpa harus digendong atau ditimang-timang. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat anda. Jika anda memiliki tips berbeda dalam mebuat kebiasaa mereka mari berbagi di blog sikecil anak bayi ini.


Related Post

Tidak ada komentar: