Bayi Kena Ruam Popok


Beberapa bulan yang lalu anak saya terkena ruam popok, setelah kami membawanya ke dokter anak akhirnya saya mengerti apa penyebab utamanya. Menurut dokter disebabkan oleh jamur. Jamur sangat mudah tumbuh dan berkembang di tempat yang lembab, itulah sebabnya maka ini sering terjadi di sekitar kulit yang tertutup popok. Ruam ini bisa menyebar ke seluruh tubuh bayi (dalam keadaan akut), bahkan ruam ini juga dapat menyerang rongga mulut sehingga bibir dan lidah bayi terlihat seolah sedang sariawan.

Untuk mengobati dan menghilangkannya sebaiknya dibawa ke dokter, agar dokter memberi fungisida (anti jamur) yang tepat untuk anak anda. Kalau bidan tetangga saya waktu itu menganjurkan agar kulit bayi yang terkena ruam diolesi dengan caladine cair (merek dagang). Juga dianjurkan untuk menghentikan pemakaian pampers (popok) hingga sembuh. Secara berurutan langkah-langkah penanganan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Bersihkan kulit yang terkena ruam, dan olesi dengan anti jamur (salep)
  2. Pemberian salep dilakuakn setiap kali buang air kecil maupun besar.
  3. Jangan biarkan daerah lipatan kulit lembab atau basah.
Sebenarnya hal tersebut saya lakukan selama dua minggu, memang terlihat ada pengurangan ruam di kulit anak saya tapi tidak kunjung hilang. Akhirnya saya memutuskan pengobatan dengan menggunakan sabun antiseptic asepso, tidak lama setelah pemakaian sabun ini secara rutin (setiap kali bayi buang air kecil dan saat mandi pagi dan sore) anak saya Alhamdulillah sembuh, hingga saat ini tidak pernah lagi terkena ruam popok ini. Padahal sewaktu kena, anak terlihat begitu tersiksa dan rewel karena merasa perih kali ya…

Itulah pengalaman saya dalam menghadapi ruam popok pada bayi, untuk yang telah menyerang mulut (candidiasis) sebaiknya dibawa ke dokter saja, dokter saat itu memberi obat tetes. Ciri jika telah menyerang mulut, dalam dinding mulut bayi akan terdapat bercah putih-putih kadang terlihat merah selain di dinding dalam mulut bercak ini juga sering terlihat dibibir bagian dalam. Jika anda ingin juga mencoba pengobatan ruam popok dengan menggunakan sabun ini silahkan dicoba (obat luar) jadi saya berani menganjurkan tanpa resep dokter. Jika di daerah anda tidak ada sabun ini anda saya bersedia mengirim ke alamat anda dengan syarat anda mengirimkan uang sebesar harga sabun ditambah ongkos kirim.


Related Post

No comments: