Mitos: Manfaat Kopi Untuk Bayi


Begitu banyak mitos tentang bayi di sekitar kita, sebagai orang tua kita harus bijak menyikapinya. Jangan menjustifikasi secara berlebihan tanpa ada referensi yang tepat, sebab pada dasarnya mitos itu berdasar pada pengalaman orang-orang tua terdahulu yang dilakukan secara berulang, diwariskan turun temurun. "Bayi minum kopi dapat mencegah step", jika dikaji dalam benak sendiri, pastinya akan muncul kontroversi. Oleh karena itu jangan memutuskannya berdasarkan opini pribadi, alangkah baiknya membaca berbagai referensi ilmiah tentang kopi agar tiada keraguan dalam merawat si kecil. 

Orang tua di daerah saya banyak sekali menganjurkan agar bayi diberi minum kopi maksimal 3 sendok teh. Yang menyuruh bukan saja ibu-ibu dan nenek-nenek, tapi sewaktu saya nongkrong di warung kopi ada juga bapak-bapak yang menyarankan demikian. Umumnya mereka mengatakan bahwa minum kopi tersebut dapat mencegah step. Karena penasaran akhirnya saya browsing tentang pengaruh kopi terhadap bayi.

Maaf hasil browsing tersebut tidak ada yang jelas, sehingga saya tidak memuat dan mereferensikan satupun diantaranya. Adapaun sikap saya terhadap mitos bayi minum kopi ini adalah; saya menuruti anjuran orang-orang tua tersebut, hanya saja sebaiknya dilakukan setelah anak berumur 6 bulan, karena sebelum 6 bulan sebaiknya tetap pada konsep ASI eksklusif. 

Logika yang saya gunakan sederhana saja, di dalam kopi ada zat-zat bermanfaat bagi tubuh, memang ada juga yang kurang baik. Prinsip saya, semua makanan dan minuman itu baik, asal tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Kalau berlebihan... Air putih sekalipun bisa menjadi minuman berbahaya kok, gak percaya? Coba aja anda minum air putih satu galon sekaligus, saya yakin bakalan bahaya... heheh.

Lagi pula mitos bayi minum kopi ini bukan baru kemarin sore... tapi telah dilakukan orang-orang terdahulu mungkin sejak ratusan tahun yang lalu. Saya juga bertanya pada orang yang menganjurkan tersebut, "apa dia dulu waktu kecil diminumkan kopi? jawab mereka "iya", dan ternyata samapi sekarang  mereka masih sehat-sehat aja tuh.. :)

Mungkin itulah pendapat sementara saya tentang memberi kopi pada bayi, sebagai pembaca blog sederhana ini saya sangat menganjurkan anda untuk mencari referensi ilmiah dalam menyikapi mitos terutama bila mitos tersebut berkaitan dengan si kecil. Jika tidak ketemu kajian ilmiahnya barulah gunakan logika dan opini pribadi. Saya juga berharap, para pembaca artikel ini bisa menambahkan pendapat melalui form komentar, agar kita semua bisa menjadi lebih paham tentang topik ini, untuk itu saya hanya bisa berterima kasih... :).



Related Post

No comments: