Mainan anak bayi umur 5 Bulan


Mainan untuk bayi 5 bulan sudah lebih banyak pilihan bila dibandingkan dengan usia 3 dan 4 bulan. Pada saat ini yang paling cocok adalah benda yang mudah digenggam tapi aman jika dimasukkan kedalam mulut. Mereka sudah memiliki kebiasaan memasukkan benda di tangannya kedalam mulut. Oleh karena itu perlu diperhatikan keamanan mainan.

Adapun beberapa contoh jenis mainan bayi yang cocok untuk usia 5 bulan:
  1. Teether, benda ini juga berfungsi untuk merangsanga pertumbuhan gigi bayi.
  2. Bola karet, sebaiknya bola yang berwarna warni dan mengeluarkan bunyi. Bayi umur 5 bulan sanagt suka dengan bunyi-bunyian.
  3. Boneka karet atau kain yang tidak berbulu, tidak berbulu tujuannya untuk keamanan, mainan berbulu sering sekali mengalami kerontokan, jika bulu tersebut rontok dan termakan oleh anak bisa bahaya.
  4. Babywalker, saat usia 5 bulan bayi sudah mampu duduk dengan tegak, jadi saat ini kita sudah bisa mengajarkan bayi untuk naik baby walker (alat bantu jalan bayi).
Mainan yang baik untuk anak umur 5 bulan tentau saja yang memiliki nilai edukasi, namun terkadang untuk mendapatkan maianan seperti ini sangat sulit. Salah satunya mungkin mainan yang dapat membuat anak peka terhadap jenis bunyi, atau dapat membuat anak mengenal warna. Penglihatan anak umur 5 bulan sudah cukup baik, jarak pandangnya juga sudah sempurna. Oleh karena itu jangan jadikan Televisi, HP atau gadget dan tablet menjadi mainan bayi 5 bulan, hal ini untuk melindungi kesehatan mata mereka.

Harga sebuah mainan tidak menentukan kualitas atau nilai edukasi yang dapat diberikannya. Banyak mainan murah yang dapat memberikan nilai edukasi pada anak, seperti contoh-contoh diatas yang telah kita sebutkan tadi, semuanya dapat dengan mudah ditemukan di toko perlengkapan bayi, baik offline maupun online. Tulisan ini berdasarkan pengalaman dan semoga bermanfaat.


Related Post

Tidak ada komentar: