Buah-buahan untuk bayi 6 bulan


Pada dasarnya bayi 6 bulan belum perlu diberi makanan pendamping asi termasuk buah-buaha, itu jika produksi ASI masih mencukupi. Namun kekhawatiran kita sebagai orang tua tentu ada, terutama kekhawatiran kalau-kalau si kecil kelaparan, padahal ciri bayi kelaparan sudah persis kita ketahui “menangis” tapi namanya juga orang tua pasti ada saja yang dikhawatirkan. Untuk itu sebagai pendaping ASI pada usia 6 bulan sebaiknya dipilih secara selektif, kalau kalau buku posyandu lebih menganjurkan MP asi tersebut berasal dari buah-buahan dan bubur susu.
buah jeruk untuk bayi 6 bulan

Buh sendiri memiliki banyak jenis, tidak mungkin kan kita memberi buah jambu pada bayi, apalagi jambu kelutuk gak mungkin banget deh… berikut ini beberapa buah-buahan yang cocok dijadikan sebagai MP ASI:

Buah-buahan cocok untuk bayi 6 bulan

  • Pisang, tidak semua jenis pisang cocok untuk bayi. Adapun jenis pisang yang cocok untuk bayi adalah pisang ambon dan pisang barangan. Untuk jenis pisang gorengan satupun tidak ada yang cocok untuk bayi. Cara memberi buah pisang pada bayi adalah dengan digerus atau dilumatkan selengkapnya lihat di sini.
  • Jeruk, ya jangan dikasih lemon ya buk… asem tuh. Intinya cari buah jeruk yang manis dan mengandung banyak air, seperti mandarin, jeruk madu, berastagi dan sunkist. Untuk bayi 6 bulan buah jeruk masih harus disari (dijus), karena pada usia ini anak belum ada gigi, tentang ini bisa dilihat di sini.
  • Semangka, ada pendapat orang dulu mengatakan anak bayi kurang baik deberi banyak semangka karena dapat menyebakan anak panas. Intinya sih selama kita memberinya dalam jumlah yang wajar jus / sari semangka tetap baik untuk bayi.
  • Pepaya, juga bisa diberi sebagai MP ASI bahkan jika bayi 2 bulan susah buang air besar maka orang dulu menganjurkan agar ibu menyusui makan buah papaya. Memberi buah papaya pada bayi sama caranya denga memberi pisang yakni digerus atau dilumatkan.
  • Alpukad, buah alpukat juga baik diberikan pada bayi 6 bulan sebagai MP ASI teksturnya lembut sehingga mudah dicerna bayi.

Itulah beberapa buah-buahan untuk bayi 6 bulan, mudah didapat serta mudah diolah. Sekali lagi author sampaikan bahwa buah-buahan, biscuit seta bubur bayi sifatnya hanyalah sebagai makanan pendamping ASI jadi makanan utama untuk bayi 6 bulan masih tetap ASI. Oleh karena yang paling penting banyak mengkonsumsi buah adalah si Ibu menyusui bukan bayinya.

Demikianlah artikel singkat tentang buah untuk bayi 6 bulan, semoga dapat membantu dan bermanfaat, komentar atau pengalaman silahkan berbagi melalui form komentar dibawah.


Related Post

Tidak ada komentar: