Jus Buah Untuk Bayi


Berawal dari sebuah pertanyaan yang masuk ke blog si kecil, "anak umur 8 bulan boleh di kasih jus buah apa yah?" saya ingin berbagi pengalaman tentang jus buah untuk bayi. Saya pernah membawa anak saya ke bidan ketika kena campak, waktu itu umurnya baru 5 bulan (kalau tidak salah). Kita tahu bahwa dalam panduan ASI eksklusif bayi hanya dianjurkan minum ASI saja hingga umur 6 bulan, tapi ketika anak saya demam karena campak, bidan menganjurkan agar anak diberi tambahan sari buah-buahan.

Semua buah-buahan konsumsi baik untuk anak, kalau umurnya sudah 8 bulan tentu hampir semuah buah bisa dimakannya langsung tanpa di jus terlebih dahulu. Namun agar lebih praktis alangkah baiknya buah tersebut di jus saja. Adapun jenis buah yang cocok untuk bayi tanpa harus di jus diantaranya jeruk, pisang (jenis tertentu).

Walapun bayi sudah tumbuh gigi tapi hingga umur setahun hanya berupa gigi seri saja, tanpa geraham tentu saja mereka akan sulit mengunyah buah hingga halus. Jika ia menelan buah dalam potongan besar tentu saja akan tecekik. Oleh karena itu beberapa jenis buah harus dijus terlebih dahulu.

Jeruk bisa dikupas kulit arinya dan beri bulirnya pada bayi, pisang dan pepaya cukup lunak sehingga bayi dapat melumatkannya dalam mulut. Tiga jenis buah ini cocok untuk anak, terutama disaat mereka susah bab. Namun demikian ada beberapa jenis pisang yang dapat membuat anak susah bab. adapun jenis pisang yang cocok untuk bayi adalah; pisang barangan dan ambon.Sedangkan buah yang teksturnya agak keras sebaiknya dijus terlebih dahulu, seperti; apel, pear dan lainnya.
Pisang dan pepaya sangat bermanfaat ketika anak susah bab, berdasarkan pengalaman ada kalanya anak sulit buang air besar. Dulu bayi di rumah kami pernah tidak buang air besar selama 3 hari, dokter menganjurkan agar dia diberi makan buah pepaya begitu juga ibunya, padahal usianya waktu itu baru 2 bulan. Menurut dokter hal itu biasa saja, ASI dapat diserap sistem pencernaan bayi secara sempurna sehingga tidak meninyisakan ampas. Itulah sebabnya anak usia 2 bulan atau yang masih minum asi eksklusif terkadang tidak buang air besar beberapa hari.
Itulah sedikit pengalaman saya tentang memberi buah-buahan pada bayi, semoga bermanfaat . Silahkan berbagi pengalaman juga di halaman ini melalui form komentar yang tersedia.


Related Post

Tidak ada komentar: