Bayi umur 2 bulan susah buang air besar - cara mengatasi


Sebenarnya orang tua tidak perlu cemas ketika bayi umur 2 bulan susah buang air besar. ASI dapat diserap sistem pencernaan anak secara sempurna, sehingga ada kalanya si kecil tidak buang air besar sama sekali selama 3 hari bahkan seminggu. Hal itu pernah terjadi pada bayi kami, setelah dikonsultasikan dokter mengatakan normal saja jika bayi 2 bulan susah (tidak) buang air besar selama beberap hari, selama dia hanya diberi ASI saja (ASI eksklusif).


Namun demikian, tentu kita sebagai orang tua cemas melihat kondisi bayi susah buang air besar. Oleh karena itu kami juga bertanya pada dokter tersebut apakah anak 2 bulan sudah boleh dikasih buah pepaya, maksudnya agar buang air besarnya lancar. Ternyata dokter tetap pada pendiriannya, dan bilang "ibunya saja dikasih banyak makan buah".

Bayi 2 bulan susah atau tidak buang air besar beberapa hari dapat terjadi karena produksi ASI hanya sedikit, sehingga semua ASI yang mereka minum tercerna habis tanpa ampas/ sisa. Sekali lagi perlu di ingat bahwa ASI dapat dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaan bayi. Itulah sebabnya dokter tersebut menganjurkan agar si Ibu mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak agar produksi ASI meningkat.

Dengan meningkatnya produksi ASI maka otomatis bayi akan mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak, sehingga ada sisa dari proses pencernaan, sisa inilah yang akan dibuang sbagai feses. Jadi masuk akal bukan?

Akhirnya kami mengikuti saran dari dokter tersebut, dan menunggu. Tepat setelah 3 hari bayi kamipun buang air besar, dan siklus BAB-nya juga menjadi normal. Dari pengalaman ini saya sangat menganjurkan agar para orang tua jangan terlalu cepat panik dalam merawat bayi 0 - 6 bulan (masa ASI eksklusif minimal). Sebaiknya Ibu menyusui selalu menjaga kecukupan nutrisi, terutama konsumsi sayur dan buah, jangan melakukan diet di masa menyusui anak.

Jangan memberi makanan tambahan selain ASI pada bayi usia 2 bulan dan ini tetap berlaku hingga anak berumur lebih dari 6 bulan. Jangan mengedepankan ego "bayi gemuk terlihat menggemaskan", sebab ego belum tentu baik untuk perkembangan bayi selengkapnya tentang bayi gemuk ini dapat dibaca di sini. Beri ASI saja sesuai kemauan bayi, tidak perlu makanan tambahan sebab lambung bayi 2 - 6 bulan belum cukup sempurna untuk mencerna makanan lain. Anak usia 0 - 6 bulan hanya boleh diberi susu tambahan (formula) hanya dalam keadaan terpakasa, seperti; ibu menyusui sakit, atau produksi ASI berhenti.


Related Post

27 comments:

Unknown said...

mau tanya nih.
bayi kami tidak mendapat ASI tapi minum susu formula. dan akhir2 ini BAB nya juga ga selancar awal2.
usia hampir 2bulan.
apakah normal?

Wahid Priyono said...

sebaiknya bayi usia 1-12 bulan fokus diberikan ASI agar sistem kekebalan tubuhnya lebih bagus. karena di dalam ASi terdapat kolustrum yg dapat membantu merangsang sel-sel antibodi untuk aktif bekerja. Pemberian susu formula tidak baik pada saat bayi usia 1-12 bulan,beberapa penelitian juga menyebutkan sebaiknya usia di atas 12 bulan, itupun sebagai minuman tambahan.

Unknown said...

Jika ibu sudah tidak memiliki asi lagi utk diberikan ke bayi gmn? Terpaksa dg susu formula padahal bayi baru berusia 2 bln

Unknown said...

Bayi Ku umur 2bln dua minggu yg lalu dia 5hr g bab awalny sprtny krn aku ksh sufor mngkn terlalu kental mski aku pakai sesuai aturan ktny org2 utk prtm x jng sesuai takaran to dikurangi.. Trs aku mkn buah pepaya sampai hbs 2glondong buah pepaya baru dihari minggu Dede bab sjk itu aku hentikan sufor tp stlh ITU Dede g bab lg udh seminggu KNP y..Dede srng muntah c klo hbs ASI apa krn dimuntahkan lg jd g da yg dia serap..mksh

Singarimbun said...

kalau sesuai pengalaman dulu bayi kami juga pernah tidak bab seminggu dokter bilang gak perlu khawatir selama si bayi masih riang (tidak sering menangis). tapi kalau bayi sering muntah ada baiknya bawa ke dokter anak bu.. karena banyak sekali kemungkinan bayi sering memuntahkan asi apalagi umurnya sudah 2 bulan.

Singarimbun said...

kalau sudah tidk ada ASI maka tindakan benar sesuai yang mbak bilang itu, memberi susu formula sebagai pengganti asi. atau bisa juga membeli asi, kan sekarang sudah ada beberpa kota yang memiliki bank asi (menjual asi asli)

Percetakan Azzam Perdana said...

iya anak saya juga demikian. sudah 6 hari belum BAB.

Unknown said...

Bunda anak saya sudah 3hari ga BAB.. saya sbnrnya asi eksklusif selama ini.. bayi saya umur 2bulan.. cm 3hari lalu saya tinggal anak saya beberapa jam saja di kasih sufor deh..nah smenjak itu ampe 3hr ini anak saya belum BAB.. gmn ya bunda saya cemas maklum.ini anak pertama.. tp kllo pemakaian microlax pada bayi 2bulan aman tidak y???

Singarimbun said...

@Dewa Ayu Supartini: tidak perlu terlalu khawatir bu, anak saya juga dulu seperti itu. anak sepupu juga mengalami hal yang sama. Tetap lanjutkan pemberian ASI, jaga produksinya agar tetap baik, oleh itu ibu menyusui harus banyak mengkonsumsi buah-buahan. dalam ASI terkandung zat-zat dibutuhkann bayi yang lancar dicerna sistem pencernaan mereka.

sri rahayu mahyuni said...

Bayi saya berusia 20 hari. Saya berikan asi eksklusif. Semenjak umur 8 hari, bayi saya tdk bab selama 9 hari. Kemudian bab sekali. Setelah itu tdk bab lagi selama 4 hari. Sewaktu bab tinjanya berwarna coklat agak kental. Apakah hal itu wajar bunda?

P Singarimbun said...

@sri rahayu mahyuni: biasanya bayi baru lahir 0 - 4 minggu cukup sering BAB bu, jika diberi asi eksklusib warna feces juga biasanya kuning atau sedikit kehijauan. Kalau menurut saya alangkah baiknya ibu konsultasikan dengan dokter anak terdekat..

Unknown said...

Bayi saya umur 2bln udah 3hari gk bab trus agak rewel jadi khwtir

Unknown said...

Bayi saya umur 2bulan 10hari, sudah 4hari blm BAB..saya khawatir,, alhamdulillahnya bayinya tetep riang..tp mau tanya..cara taunya bayi kembung itu bagaimana ya? Saya masih bingung..

felix said...

mau tanya ni, bayi saya usia 2 bulan sudah beberapa hari ini setiap mau BAB selalu mengerah seperti kesakitan. apakah itu termasuk susah BAB?
apa itu normal?

Unknown said...

Bayi saya umur 1 bln 4 hri,udh seminggu blm BAB???solusix apa

Unknown said...

Bayi kami 1 bulan 18 hari juga sudah 6 hari tidak BAB . Tapi kalau saya perhatikan dia suka mules dan mengerang seperti ingin BAB . Tapi tidak juga keluar fases . Saya juga menggunakan ASI . Mohon masukannya .

Unknown said...

bru ngebaca posting dr anda bayi saya langsung BAB........hahahh

Unknown said...

Assalamualaikum anak aku usianya 2 bulan tpi aku jdi cemas lihat dia, krna selama 2 minggu ini dia blum BAB sama skali padahal bayi aku cuman aku beri ASI tdk ada yg lain.. apa yg hrus sy lakukan dan mohon masukan kalian .. terimakasih

lapaupoundant said...

Bayi kami sudah 2 bulan 4 hari, dari komentar bunda diatas saya sudah cukup faham, tapi ada stu yang bikin kami khawatir, bayi kami buang angin nya sangat lancar tpi setelah hari ke 4 buang anginnya bau..karena khawatir adanya konstipasi jd kami masukan potongan sabun k anusnya, apakah itu aman bagi si bayi?

lapaupoundant said...

Terimaksih parents smua diskusinya memberikab banyak masukan
Sama dengan bayi kami yg juga sudah 2 bulan 4 hari dan hanya mengkonsumsi asi
Skrang sudah hari ke 4 bayi kami belum bab dan dia tidak rewel seperti menahan sakit atau apapun tapi tetap aka kami khawatir dan mencoba tetap tenang namun ketika dia buang angin tercium bau feses, karena risih kami pun ikuti cara orang tua untuk memasukan sabun k anusnya tapi sudah 1 hari juga belum bab, aman ga ya kalau pake sabun tersebut?

Unknown said...

Bayiq sejak usia 2 buln tu gk bisa bab sendiri,d bawa k dokter ank..d kash obat rasa jeruk gt.
Klo d minumkn tu obat,bsokx dy bab..tp klo gk d mnumkn obat dy gk bab.
Sampe skrg usia 3 buln te2 kya gt...butuh obat itu agar dy bsa bab.
Berbagai alternatif uda q lakikn..tp hsil zonk....dedek gk bab.
Skrg obatnya abis...udah 4hr gk bab.dan dy menangis ksakitan...
Mohon solusi yaa...

Unknown said...

Bayiku 2bln 2 minggu, ini sdh 4 hri tidak BAB, bayiku ASI tapi krna syanya yng kerja jdi klau ditinggal ditmbah Sufor, tpi walaupun sdh 4 hri tdk BAB bayiku tdk rewel, mohon masukannya, sbgai ibu jga agak kawatir anak ssh BAB..thanks

Unknown said...

Bayi kami sudah 3 hari tidak BAB,kadang debaynya pas waktu asi dia mengejan ingin pup tp hanya bisa buang angin terus2 saja,sampe kadang nangis. Apa yg harus kita lakukan utk mengatasinya?
Terimakasih

Unknown said...

Bayi sy umur 2 bulan 3minggu Asi ekslusif , sdh hampir 2 pekan bayi sy BAB nya tdk lancar boleh dikata 3hari sekali baru BAB tapi sering mengeluarkn angin,, kalau udah tengah mlm bayi sy sering rewel sepeti perutx kembung, apa normal ? ,

Unknown said...

Ass .
anak saya umur 1 bln lebih kok udh 5hr blm BAB yaa ,
Itu kenapa yaa
Mohon masukan nya .

Unknown said...

Ahh...jd gk khawatir lagi. Aku kira cuma anakku yg demikian dah 2 hari gk BAB umurnya jg 2 bulan..agak rewel sih tapi kalau tdk mempengaruhi kesehatannya gk apa.

P Singarimbun said...

@lapaupoundant

Perkara menggunakan sabun, pada bayi saya juga dulu pernah buk, dan kebetulan di rumah ada adik dokter jadi dia yang ngelakuin. :D