Jadwal pemberian makan bayi 6 bulan - Panduan posyandu


Setelah berumur 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan pembantu ASI, disebut sebagai makanan pembantu karena makanan utama bayi tetaplah ASI. Menu makan bayi 6 bulan tidak sama dengan anak 9 bulan keatas, sebab saat ini bayi belum memiliki gigi untuk memotong maupun mengunyah makanan. Oleh karena itu perlu perlakuan khusus saat meresep menu harian mereka. Adapun jadwal pemberian makan bayi 6 bulan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Bayi 6 bulan diberi makan sebanyak 2 - 3 kali sehari; sebaiknya sekali di pagi hari sekitar jam 9 - 10 pagi dan sekali di sore hari sekitar jam 4 -5 sore.
  2. Bayi diberi makanan selingan berupa sari buah-buahan atau pisang gerus 1 - 2 kali sehari, bisa diberi di siang dan sore hari. 
  3. Untuk malam hari cukup ASI saja sepanjang malam.
Ukuran lambung bayi 6 bulan masih kecil, oleh karena itu jumlah makanan yang diberikan juga sedikit. Jumlah yang diberikan setiap kali makan sekitar 2 hingga 3 sendok makan saja. Pada saat ini labung perlu penyesuaian terhadap jenis-jenis makanan, sebab pada umur 0 -  6 bulan bayi tidak makan apapun selain ASI.

Jenis menu makanan untuk bayi 6 bulan sudah pernah ditulis di beberapa tempat di blog ini, namun demikian agar artikel jadwal pemberian makan bayi 6 bulan ini lengkap berikut ini beberapa contoh resep menu makanan untuk bayi 6 bulan pertama:
  1. Bubur susu, cara membuatnya cukup mudah yakni; campur gula, susu, tepung beras dan air secukupnya. Aduk campuran tersebut hingga berbentuk bubur lalu panaskan hingga matang. Selain tepung beras bayi juga bisa diberi tepung kacang hijau. Menu makanan seperti ini dapat dipakai hingga anak berumur 8 bulan.
  2. Pisang gerus, cara membuatnya sangat sederhana , yakni; Ambil buah pisang, cuci lalu kupas setelah itu gerus dengan menggunakan sendok kecil lalu beri langsung pada bayi. Cara makan pisang seperti ini dapat dilakukan hingga bayi tumbuh gigi.
  3. Bubur instant, kalau saya kurang suka dengan yang instant-instant apalagi menyangkut makanan bayi.
  4. Susu formula.
Selengkapnya tentang resep menu makanan bayi 6 bulan tersebut dapat dilihat di sini. Teruskan pemberian ASI seperti biasanya, karena peranannya sangat penting dalam menjaga kesehatan anak, sebaiknya bayi dihentikan minum ASI di usia 2 tahun. Pemberian ASI hanya boleh dihentikan dalam keadaan darurat saja, ketika si Ibu sakit atau produksinya terhenti. 

Setelah bayi berusia 6 bulan memang sudah bisa diberi susu pengganti ASI (susu formula) tapi jika ingin anak memiliki daya tahan tubuh bagus alangkah baiknya utamakan ASI saja. Sebab kandungannya sangat penting untuk pertumbuhan anak. Demikianlah jadwal pemberian makan bayi 6 bulan - sesuai panduan posyandu ini saya tuliskan, semoga bermanfaat, lebih dan kurangnya mohon maaf.


Related Post

Tidak ada komentar: