Perlengkapan Bayi Baru Lahir


Beberapa perlengkapan bayi baru lahir mungkin harus anda persiapkan sejak dini, terutama bagi anda yang baru mendapatkan anak pertama. Tentu saja persiapan perlengkapan ini akan sedikit merepotkan, sedikit membingunkan sehingga pasangan suami istri menjadi keteteran. Berdasarkan pengalaman di rumah sakit ada beberapa peralatan harus disiapkan oleh pasangan suami istri jika sudah dekat waktunya persalinan. Adapun daftar perlengkapan bayi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bedong, bayi yang baru lahir sebaiknya diberi bedong. Guna dari bedong ini adalah menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Sekedar informasi; suhu lingkungan janin didalam kandungan itu cukup hangat, jadi ketika bayi baru lahir sebaiknya diberi bedong agar ia tidak merasa perubahan suhu yang terlalu ekstrim.
  2. Popok sebagai celana. Ketika berumur 1 hari sampai 1 bulan bayi sebaiknya jangan menggunakan celana dulu, jadi untuk menggantikan celana ini diberi popok kain.
  3. Gurita, menurut penelitian terbaru sebaiknya anak baru lahir jangan diberi gurita. Namun kebiasaan masyarakat kita yang bertahan sampai saat ini masih tetap menggunakan gurita, katanya sih agar bayi tidak masuk angina.
  4. Baju kemeja bayi baru lahir. Anak yang baru lahir tulangnya masih lunak-lunak, jadi belum bisa diberi baju kaos untuk itu sebagai persiapan persalinan siapkanlah baju kemeja ini. ukurannya kecil kancingnya aja biasanya cuman 3 buah.
  5. Handuk mandi, sebainya handuk mandi anak disediakan minimal 2 buah, jadi jika handuk yang satu masih basah maka handuk lainnya bisa dipakai. Bayi baru lahir dimandikan oleh suster atau bidan sebanyak 1 kali sehari di pagi hari. Bayi sudah bisa dimandikan 2 kali sehari ketika umurnya sudah 1 bulan.
  6. sabun mandi dan shampoo khusus, lebih lembut dari sabun biasa 
  7. Minyak telon, gunanya untuk mencegah masuk angin ataupun untuk menghangatkan tubuh bayi.
  8. Bedak, kegunaannya selain untuk menjaga kulit agar tetap kering juga berguna untuk menghangatkan tubuh anak.

Selain perlengkapan bayi diatas, jelang persalinan maka pasangan suami istri juga sebaiknya menyiapkan:
  • Gurita untuk ibu baru melahirkan, gurita ini berguna untuk mengencangkan perut ibu baru melahirkan selain itu ada juga mitos bahwa gurita ini berguna untuk melangsingkan perut ibu yang baru melahirkan. Gurita ini ada dua jenis, ada yang sistem tali ikat, da nada sistem perekat. Yang paling baik adalah gurita ibu melahirkan sistem perekat, harganya memang sedikit lebih mahal daripada gurita tali ikat sekitar Rp. 60.000 / buah.
  • Pembalut khusus untuk ibu melahirkan, pembalut ini biasanya ada di apotik ataupun di rumah bersalin dan bisa dibeli di sana begitu juga dengan gurita.
    Itulah beberapa perlengkapan dan peralatan bayi baru lahir yang ahrus dipersiapkan oleh pasangan suami istri yang hendak melakuakn persalinan. Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi para pembaca.


    Related Post

    Tidak ada komentar: