Tingkah laku bayi umur 3 bulan


Tingkah laku bayi sangat penting kita ketahui agar tidak salah dalam menilai dan mengambil tindakan untuk perkembangan anak. Pada umur 3 bulan dia sudah memiliki perkembangan jauh lebih pesat bila dibandingkan dengan perkembangannya pada usia 2 bulan. Secara umum berikut ini perilaku (tingkah laku) bayi umur 3 bulan:
  1. Mengangkat kapala, nah pada usia 3 bulan ini bayi sudah mulai bisa mengangkat kepalanya secara tegak dalam keadaan tengkurap.
  2. Tertawa, dia sudah bisa bercengkrama dan tertaw ketika dimain-maini oleh orang disekitarnya.
  3. Pada usia 3 bulan anak umumnya sudah bisa membalas senyuman orang yang tersenyum atau mengajaknya berbicara.
  4. Mengoceh atau mengatakan kata-kata baru, terkadang terdengar lucu secara sepontan, terkadang bayi umur 3 bulan sudah bisa merespon sesuatu dengan ocehan lucu dan imut.
Respon dan tindakan yang perlu kita lakukan untuk perkembangan anak umur 3 bulan diantaranya:
  1. Sesering mungkin menengkurapkan bayi, agar tulang leher mereka mualai terlatih untuk menegakkan kepala.
  2. Sering menggerakkan benda kekiri dan kekanan pada anak umur tiga bulan hal ini untuk melatih respon mata mereka. Gerakan kekiri-dan kekanan ini dilakukan disekitar jangkauan pandangan mata mereka saja.
  3. Mulai perdengarkan berbagai bunyi-bunyian pada anak usia tiga bulan ini. (minimal sering ajak berbicara)
  4. Beri mainan yang aman berukuran besar dan memiliki warna-warni cerah.
Perlengkapan bayi yang mungkin perlu dibeli di usia 3 bulan ini diantaranya:
  1. Pelampung (baju pelampung) untuk bayi, anak 3 bulan sudah bisa diajak mandi berendam dengan menggunakan pelampung. Hal ini akan melatih tulang leher, gerakan kaki dan tangan di dalam air. Walau demikian tetap beri pengawasan penuh ketika memandikannya dengan pelampung, sebab terkadang dia akan menengkurapkan badannya atau meminum air yang ada dipermukaan pelampung.
  2. Mainan ukuran besar dan berwarna cerah, seperti bola atau boneka dari karet. Sebaiknya jangan beri mainan berbulu mudah rontok sebab anak bayi di usia ini sudah mulai memasukkan apa saja yang ada di tangan mereka kedalam mulut.
  3. Kolam/ bak  mandi, bisa juga dari Waskom besar.
  4. Penghisap ingus, untuk menghisap ingus bayi ketika ada ingus menyumbat hidung
  5. Pemotong kuku, anak sudah cukup kuat mencengkram sehingga bila kuku mereka panjang bisa saja mereka mencakar muka sendiri, ini memang sering terjadi. Belilah produk pemotong kuku untuk bayi yang ukurannya kecil serta nyaman, potong kukunya minimal 3 hari sekali.
  6. Perlengkapan mandi ketika umur 1 hingga 2 bulan masih diperlukan semua, kecuali terpal mandi.
  7. Baju beserta celana yang elastis dan mudah dikenakan, (kaos oblong berkaret elastis juga celana trening). Bedong sudah tidak diperlukan lagi.
  8. Papmers instant atau clodi, jika anda ingin hemat bisa memperbanyak clodi (dippers) sebab clodi bisa menampng pipis hingga 3 kali pipis bayi.
Itulah beberapa tingkah laku umum bayi pada umur 3 bulan beserta perkembangan dan perlengkapannya, sebaiknya dimiliki untuk menunjang perawatan yang baik serta efisien. Sumber tulisan ini dari buku posyandu ditambah sedikit pengalaman.


Related Post

Tidak ada komentar: