Resep makanan bayi 11 bulan keatas


Makanan bayi 11 - 12 bulan tetap disebut sebagai pembantu ASI, jadi tetap utamakan pemberian ASI semau anak. Jika pada umur 6 - 9 bulan si kecil hanya dianjurkan makanan lunak seperti bubur susu, nasi tim, larutan biscuit dan gerusan buah pisang maka di umur 11 bulan keatas dia sudah bisa kita beri nasi dan lauk pauk seperti yang dikonsumsi keluarga. Hanya saja nasi tersebut harus ditanak agak lunak dengan melebihkan sedikit air dari biasanya.


Makanan bayi 11 bulan keatas sebaiknya memenuhi konsep gizi seimbang, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Nasi sebagai sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai sumber protein dan mineral, buah dan sayur sebagai sumber vitamin & mineral. Pemberian susu bantu sangat dianjurkan sebagai pelengkap kecukupan gizi untuk bayi. 

Resep makanan bergizi untuk bayi 11 bulan keatas harus sesuai dengan konsep gizi seimbang tersebut, jangan terlalu memforsir pertambahan berat anak pada usia ini, sebab gerakannya sudah aktif. Pada umur 11 bulan ini saharusnya bayi sudah bisa duduk tegak, merangkak, dan berdiri berpegangan. Jika berat badan anak berlebihan bisa saja mengganggu aktifitas gerak bahkan merubah bentuk tulang karena saat berdiri tulang tidak sanggup menopang berat badan berlebih. Oleh karena itu selalu diusahakan berat badan bayi normal sesuai dengan umurnya. 

Berikut ini salah satu menu yang cocok untuk bayi 11 bulan: nasi lunak + ikan tuna + sayur bayam. berikan buah-buahan atau sarinya sebagai makanan selingan 2 kali sehari. Ikan tuna selain mengandung omega 3 juga merupakan sumber protein hewani terbaik dari semua daging hewan, harganya juga cukup terjangkau. 

Gigi bayi pada umur 11 bulan ini biasanya sudah ada 4 dan pada sebagian anak sudah ada 8, 2 diatas dan 2 dibawah atau 4 diatas dan 4 dibawah. Fungsi gigi ini hanya untuk memotong dan tidak bisa digunakan bayi untuk mengunyah, untuk itu nasi yang diberi harus dalam keadaan lunak. Makanan lain juga harus demikian, jika kita memberi roti, beri roti yang mudah larut air. Sedangkan daging-dagingan biasakan memasaknya hingga matang dan dicincang agak halus terutama pada ayam dan sapi. 

Pola/ jadwal pemberian makan pada bayi 11 bulan sebaiknya lihat di buku posyandu. Disana dijelaskan seperti berikut ini:
  1. Anak 11 bulan tetap diberi ASI seperti biasanya
  2. Beri makanan lunak beserta lauk pauknya sebanyak 3 - 4 kali sehari, jumlah setiap kali pemberian sekitar 125cc atau 1/2 gelas.
  3. Cemilan berupa makanan yang dapat digenggam sendiri oleh bayi 11 bulan seperti biskuit bayi, roti, buah apel, dll. Makanan selingan dieri 1 - 2 kali sehari (pagi dan sore). Ini berguna untuk mendidik anak makan sendiri.
Itulah resep makanan bayi umur 11 bulan keatas beserta pola/jadwal pemberiannya. Sumber utama tulisan ini buku posyandu dan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat dan membantu kita dalam merawat si kecil


Related Post

Tidak ada komentar: