Perkembangan Bayi 6 - 12 Bulan


Apa yang bisa dilakukan anak bayi 6 bulan? tingkah laku/ perkembangan / perilaku pada usia enam bulan sangat banyak bila dibandingkan dengan bayi umur 3 bulan. saat saat ini mereka sudah bisa duduk tegak, memiliki ocehan yang lebih banyak. Sudah bisa mengatakan ma..ma..ma.. atau panggilan untuk ibu dan pa pa pa… atau panggilan untuk ayah.

Anak bayi 6 bulan sudah mengenal semua anggota keluarga yang sering ada di dekat mereka. Jika dia biasa di titip di penitipan anak mereka sudah mengenal baby sitter dan anak-anak yang biasa di dekat mereka. Pada usia ini baiknya ibu mengajari anak hal hal berikut:
  1. Ajari anak untuk terbiasa duduk tegak, jika pada saat ini anak belum bisa duduk tegak biasakan dia duduk di panggkuan ibu yang sedang duduk dengan posisi bayi menghadap ke depan.
  2. Biasakan bermain dengannya, minimal main ci luk ba. Dia akan senang dan tertawa jika kita ajak main ci luk ba.
  3. Ajarkan bayi memegang benda kecil menggunakan 2 jari, ini akan membantu mereka meningkatkan motorik dan fokus.
  4. Ajari memegang biskuit sendiri dan memakannya.
  5. Disaat umur 6 bulan ini bayi sudah bisa diajari berdiri dengan berpegangan, ibu juga sudah bisa mengajarinya berjalan dengan berpegangan.
  6. Usahakan untuk menyempatkan diri berbicara dengan anak sesering mungkin.
  7. Latih mereka mengucapkan ma..ma..ma… pa…pa..pa.. juga panggilan untuk anggota keluarga lainnya.
  8. Saat anak 6 bulan sudah aktif memukul-mukulkan tangan, jadi berilah mainan yang benar-benar aman untuk dipukul-pukul seperti; bola karet, boneka, mobil-mobilan dari karet dan lain-lain.
Bayi umur 6 – 12 bulan sudah dapat diberi susu bantu dan makan nasi tim atau bubur susu. Pada usia 7/8 bulan ajari anak makan nasi biasa. Biasanya anak umur 9 bulan sudah dapat menelan nasi yang tidak dilumatkan, namun sebaiknya jangan menjadikan nasi biasa ini sebagai asupan pokok bayi. ASI masih menjadi makanan utama.Teknik pemberian ASI juga masih seperti biasanya terutama di malam hari, biarkan saja si kecil menyusu semaunya.

Saat ini ada beberapa perlengkapan bayi yang mungkin dapat membantu dalam memberi makanan pendamping ASI, seperti:

  • Dot buah/ biskuit bayi, bahannya sama dengan do-dot susu hanya saja bentuknya berbeda. Bentuknya lebih besar dari do-dot susu dan memiliki banyak lobang. Buah dimasukkan secara utuh ke dalam alat.
  • Gendongan jinjing, mengajarka anak agar cepat berjalan. Berbahan kain yang nyaman dan harganya lebih murah dari baby walker. 
  • Teether, berguna untuk menstimulasi pertumbuhan gigi bayi. Bayak pilihan dan merek, pilih saja teether dari bahan karet padat (tidak ada air di dalamnya).
  • Saat si kecil memasuki usia 7 bulan gigi bawah akan mulai tumbuh. Belum dibutuhkan sikat gigi untuk membersihkannya, cukup lap gigi bawah tersebut sesudah makan dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah jumlah gigi lebih dari 4 buah kita bisa mulai mengajarkan anak untuk sikat gigi, silahkan lihat contoh sikat gigi bayi.
  • Perawatan rambut juga sudah diperlukan, mungkin akan sulit memangkas rambut bayi di tukang pangkas. Untuk  itu kami biasa menggunakan alat berupa sisir pangkas rambut untuk memotong rambut bayi, contoh alat dan ulasannya bisa dilihat di sini.


Itulah beberapa perkembangan anak bayi 6 – 12 bulan yang dapat saya bagikan berdasarkan bacaan buku posyandu dan pengalaman sendiri. Jika ibu memiliki pengalaman berbeda dan ingin mendiskusikannya silahkan didiskusikan dengan menyampaikan pengalaman ibu melalui komentar.


Related Post

Tidak ada komentar: