Jadwal dan menu makan bayi 7 bulan


Pada usia 7 bulan bayi sudah tumbuh gigi depan (seri) berfungsi untuk memotong makanan. Walaupun sudah memiliki gigi, bukan berarti si kecil sudah mampu melumat makanan selayaknya kita, oleh karena itu tekstur makanan yang diberikan harus halus dan mudah ditelan seperti saat dia masih berusia 6 bulan. Begitu juga dengan jadwal makan, masih tetap sama dengan anak 6 bulan, bedanya hanya terletak pada jumlah yang diberikan. Dimana semakin bertambahnya usia maka kapasitas lambung akan semakin besar, aktivitasnya juga semakin banyak oleh karena itu jumlah makanan yang diberikan juga harus ditambah secara bertahap.



Jadwal makan bayi 7 bulan sebagai berikut:

  1. Pagi hari setelah selesai mandi dan berjemur sebentar bayi diberi ASI,  15 - 30 menit setelah itu beri makan bayi sebanyak 3 - 5 sendok makan. Sebaiknya sebelum makan diberi ASI (susu) terlebih dahulu.
  2. Siang hari setelah bayi bagun dari tidur siang beri sari buah / pisang / pepaya / jeruk yang kulit arinya sudah dibuang. Setelah selesai makan buah ajarkan dia menggenggam biskuit sendiri sebagai makanan selingan.
  3. Sore hari setelah mandi, susui bayi baru diberi makan sebanyak 3 - 5 sendok juga. Kalau kami sering memberi makan anak sebelum mandi, alasannya karena biasanya bayi akan kotor (belepotan) setelah diberi makan, dan setelah mandi kami hanya memberi cemilan berupa biskuit bayi. 
  4. Di malam hari biarkan bayi menyusu sepuasnya.
Adapun menu dan resep makan bayi 7 bulan:
  1. ASI masih tetap sebagai makanan utama
  2. Bubur susu, resep dan cara membuatnya lihat di sini.
  3. Nasi tim, Nasi + lauk pauk + sayur ditanak lunak secara bersamaan, jika teksturnya cukup lunak bisa diberi langsung namun jika teksturnya agak kering maka sebaiknya digiling terlebih dahulu sebelum diberi pada bayi.
  4. Makanan selingan; sari buah, potongan pisang/ pepaya dan beerbagai jenis biskuit bayi. 
Biasakan variasi lauk pauk dan sayuran setiap kali membuat nasi tim, selain itu sebaiknya diberi dalam keadaan segar (masakan baru). Beberapa jenis lauk sumber protein untuk bayi 7 bulan;
  • Ikan tuna, mengandung protein tinggi sangat disukai bayi karena tekstur dagingnya yang lembut. Bisa disup atau digoreng dengan sedikit minyak. 
  • Daging sapi dan ayam sebaiknya dilumatkan, karena tektur serat dagingnya agak sulit ditelan anak.
  • Telur, direbus atau dioseng-oseng. Jika direbus sebaiknya dilumatkan dulu.
  • Tahu disup dapat langsung diberikan pada bayi.
  • Tembe disup tapi harus dilumatkan juga agar mudah ditelan anak.
Jenis sayuran yang cocok untuk bayi 7 bulan:
  • Bayam, dapat langsung ditanak bersama nasi tim. Sayur bayam sangat cocok untuk bayi selain mudah dilunakkna juga sangat bergizi.
  • Wortel, sama halnya dengan bayam.
  • Semua jenis sawi, sebaiknya dicincang halus sebelum ditanak bersama nasi tim karena serat sawi sulit dimasak hingga lunak. 
  • Jipang, sama halnya dengan wortel dan bayam.
  • Brokoli dan kol bunga, mudah dimasak hingga lunak.
Itulah jadwal dan menu makan bayi 7 bulan yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan panduan posyandu,  semoga bermanfaat terutama bagi pasutri yang baru memiliki anak pertama. Saran dan komentar sanagat berharga, sebagai referensi tambahan untuk pembaca lainnya. 


Related Post

Tidak ada komentar: