Tingkah laku anak bayi 2 bulan


Apa ya yang bisa dilakukan anak umur 2 bulan (prilaku bayi )? Pada umur dua bulan mereka bisa mengenal orang-orang yang selalu denkat dengan mereka (ayah dan ibu). Pada saat ini sikecil bisa berkata o..o…o… selain itu dia juga sangat suka menatap kearah ibunya, sudah mulai aktif menggerakkna kaki dan tangan.

Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bayi pada usia 1 – 2 bulan:
  • Perbanyak menimang dan memeluk bayi dengan penuh kasih sayang. Hal ini sangat bermanfaat unutk meningkatkan interaksi sosial antara anak dengan orang tua hingga membentuk ikatan sosial yang kuat.
  • Buatkan maianan yang berwarna dan gantung diatas tempat tiduk anak dengan jarak 30 Cm dari atas muka, sebaiknya benda berwarna itu bisa bergerak dan mengeluarkan bunyi-bunyian. Hal ini memeprcepat bayi menjadi fokus, biasanya mereka akan terlihat berusaha menggapai mainan tersebut walaupun belum bisa fokus.
  • Ajak dia bicara, ajak tersenyum dan biasanya bayi juga akan ikut tersenyum loh…
  • Mulailah perdengarkan musik padanya.
Perlengkapan/ peralatan bayi yang perlu dimiliki pada umur 2 bulan ini adalah:
  1. Celana pendek dan panjang yang elastis dan tidak ketat. Pada umur 2 bualn bayi sudah bisa tidak dibedong lagi, tapi tetaplah kenakan celana dan baju yang membuat mereka hangat.
  2. Popok, sebaiknya jangan kenakan pampers instant dulu, tapi masih tetap menggunakan popok kain.
  3. Pampers instant, hal ini diperlukan jika ketersediaan popok habis. Kehabisan popok sering sekali terjadi  karena mereka banyak pipis atau buang air besar.
  4. Mainan yang berwarna cerah, tiak berbulu (bulu mudah copot), mainan yang berbunyi dan dapat digantung.
  5. Kursi mandi, untuk anak umur 2 bulan sudah bisa diajarkan mandi di tempat duduk walaupun dalam keadaan terbaring di tempat duduk mandi tersebut.
  6. Semua peralatan dan perlengkapan bayi pada usia 1 bulan masih diperlukan.
Itulah tingkah laku anak bayi usia 2 bulan dan perlengkapan apa saja yang sebainya kita miliki. Perilaku anak tersebut berdasar pada pengalaman dan juga ditambah dari buku posyandu.


Related Post

Tidak ada komentar: