Buah Untuk Bayi 8 Bulan


Buah untuk bayi 8 bulan sebagai makanan pendamping ASI, untuk itu pemberian buah juga hanya sekedar selinga saja. Umumnya bayi 8 bulan sudah tumbuh gigi tapi belum cukup untuk mengunyah makanan. Untuk itu buah diberikan dalam keadaan dilumatkan atau di jus. Semua buah-buahan bisa diberi, selain sebagai MP ASI juga bisa melatih si kecil menggemgam dan makan makanan selain asi. Untuk mengajar anak menggenggam makanan biasanya digunakan biscuit bayi atau potongan buah apel. Pelru disadari bahwa bayi 8 bulan suka memasukkan benda yang digenggam kedalam mulut, oleh karena itu demi keamanan sebaiknya mereka menggenggam makanan atau buah agar lebih aman.

Contoh buah-buahan untuk bayi 8 bulan

  • Pisang, diberi berupa potongan kecil. Saat ini pisang tidak perlu digerus lagi beda halnya dengan bayi 6 bulan yang belum memiliki gigi.
  • Jeruk, dibuang kulit arinya hingga tinggal bagian daging (bulir) atau bisa juga di jus.
  • Semangka, buang bijinya dan potong kecil-kecil.
  • Apel, untuk digenggam beri dalam bentuk potongan agak besar, sedangkan sebagai selingan potong kecil-kecil.
  • Melon, mengandung banyak air sangat mudah dijus, bisa juga diberi dalam potongan kecil untuk anak bayi.
  • Mangga, pilih manga berserat halus seperti arum manis, manga golek dll, ptong dalam ukuran kecil.
  • dll

Perlu diperhatikan menyuapi buah dalam ukuran kecil, pastikan ukuran tersebut bisa langsung ditelan bayi. Pada usia 8 bulan kebanyakan bayi belum terbiasa mengunyah makanan sebelum ditelan, sehingga bila kita memberinya dalam ukuran terlalu besar dapat menyebabkan bayi tersedak bahkan muntah (berdasar pengalaman). Memberi buah pada bayi juga tidak boleh terburu-buru, pada suapan berikutnya pastikan mulut si kecil sudah kosong.

contoh pisang utuk bayi 8 bulan

Pada dasarnya semua jenis buah-buahan cocok dijadikan sebagai MP ASI, selama tekstrunya lembut/ dilumatkan. Namu khusus untuk pisang dan salak perlu ketelitia dalam memilih jenisnya. Jenis pisang goreng kurang cocok diberi utuk bayi, karena dapat menyebabkan susah BAB, untuk itu pilih jenis pisang seperti pisag ambon, barangan, pisang emas, pisang susu dan lain-lain.

Sangat perlu diingat bahwa makanan utama bayi umur 8 bulan adalah ASI, oleh karena itu Ibu menyusuilah yang paling membutuhkan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup agar produksi ASI tetap mencukupi kebutuhan bayi. sederhananya “Ibu sehat bayi selamat”, semoga bermanfaat.


Related Post

Tidak ada komentar: