Tradisi: Meningkatkan Produksi ASI


ASI begitu penting dalam pertumbuhan bayi, hampir semua literature ilmiah, Agama dan tradisi membenarkan ini. Program pemerintah ASI eksklusif hingga usia 6 bulan pastinya sudah berdasarkan berbagai penelitian. Agama juga menganjurkan ASI hingga usia bayi 2 tahun. NAmun demikian masih banyak kita temui ibu-ibu muda yang tidak menyadari hal ini, dengan berbagai alasan; kesibukan, kecantikan dan kurangnya produksi ASI.

Alasan kesibukan tidaklah bisa dibenarkan sebagai hambatan bagi bayi dalam mendapatkan ASI (minimal hingga usia 6 bulan), sebab saat ini sudah banyak alat penyimpanan ASI. “Kecantika”, Hallow… ibu muda, anda tidak pernah dianggap suami anda seksi jika tidak mampu mengurus si bayi (catat itu), apalagi meninggalkan kewajiban menyusui si kecil hanya karena alasan kecantikan.

Alasan kurangnya ASI mungkin masih bisa ditolerir, memang banyak ibu-ibu yang terpaksa memberi anaknya susu tambahan (formula) karena kurangnya produksi ASI. Untuk itu di kesempatan kali ini penulis berbagi tentang tradisi berupa makanan yang dipercaya mampu meningkatkan produksi Air Susu Ibu, berikut diantaranya:

Daun katuk:
gambar memperbanyak produksi asi
Sebenarnya di daerah saya tanaman ini sudah sangat umum dijadikan sebagai sayuran. Rasanya mirip daun ubi, sering diolah menjadi sayur santan selayaknya gulai daun ubi (daun ubi tumbuk). Kalau mengenai rasa, sepertinya lebih gurih daun katuk daripada daun ubi. Ternyata daun katuk ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Sebagai penulis saya juga cukup mengamini hal ini, karena cukup logis kok… coba jawab ini; apa hewan produsen susu terbesar di bumi ini? jawabnya adalah sapid an hewan memamah biak lainnya, apa makanan pokok sapi? Jawabnya; ‘ rerumputan hijau/ hijauan makanan ternak (HMT)’. Intinya prosuksi susu pada dasarnya membutuhkan banyak hijauan :).

Jantung Pisang.


cara menambah produksi asi

Ini juga salah satu kuliner istimewa loh, kalau diolah dengan baik rasanya super sekali, apalagi kalau digulai dengan daging dan kacang hijau.. wow wuenak banget. Nah tenyata selain enak, sayuran jantung pisang ini juga dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI loh. Malahan dari tetua yang sudah berpengalaman mengatakan “lebih cepat jantung pisang daripada daun katuk” dalam meningkatkan produksi ASI.

Hem… pilih yang mana ya? Kalau saya jawabnya pilih keduanya, agar ibu menyusui tidak merasa bosan. Dikonsumsi secara berselang, hari ini makan sayur daun katu, besok sayur jantung pisang.

Kalau kita konsultasikan dengan dokter anak mereka akan jawab, “banyak makan buah dan sayur ya bu, biar air ASI-nya banyak” gak percaya….? Coba aja datangi dokter kandungan, dokter anak atau bu bidan terdekat, dan tanya cara meningkatkan produksi ASI, pasti si dokter bakal bilang itu (banyak makan buah dan sayur). Semoga bermanfaat… salam buat si kecil


Related Post

Tidak ada komentar: