Buah-buahan untuk bayi 7 bulan


Status buah untuk bayi 7 bulan sama saja dengan pada bayi 6 bulan, yakni sebagai makanan MP ASI, boleh diberi tapi bukan sebagai menu utama. Sebaiknya menu utama makanan bayi hingga usia 2 tahu tetap ditekankan pada ASI, terkecuali produksinya telah menurun drastis atau berhenti. Sebagai MP ASI pemberian buah juga hanya sekedar selingan saja atau sekedar mengajarkan anak untuk makan sesuatu. Perlu diingat di usia 7 bulan sebagaian bayi belum memiliki gigi, kalaupun sudah jumlahnya baru dua yakni gigi seri bawah.
buah untuk bayi 7 bulan

Gigi seri bawah pada bayi belum mampu melumatkan makanan, oleh karena itu pemberian buah-buahan juga harus dalam bentuk lumatan atau jus (sari buah). Sifat buah juga sebaiknya tidak asam, di usia 7 bulan lambung bayi belum sesempurna lambung orang dewasa dalam mencerna makanan.

Jenis buah-buahan untuk bayi 7 bulan

  • Pisang, beri dengan cara digerus atau dilumatkan. Jenis buah pisang cocok diantaranya; pisang ambon, barangan, pisang emas dan lain-lain. semua jenis pisang untuk gorengan tidak cocok untuk bayi.
  • Buah manga berserat lembut contohnya, daging buah manga arum manis, manga golek dll. Beri dengan cara dipotong kecil-kecil atau dijus.
  • Buah melon, beri dengan cara dipotong kecil-kecil, dihaluskan atau dijus.
  • Buah semangka, beri dengan cara dipotong kecil-kecil atau dijus
  • Alpukad, potong kecil-kecil atau dijus.
  • dll

Pada proses pembuatan jus buah untuk bayi sebaiknya jangan ditambah dengan gula, rasa manis dari buah itu sudah cukup untuk mereka. Berdasarkan pengalaman anak kami di usia 7 bulan sudah bisa memakan jeruk yang dibuang kulit ariya, giginya memang termasuk tumbuh cepat namun jika ada bayi yang belum tumbuh gigi hingga usia 8 bulan tidak perlu khawatir, selengkapnya tentang bayi tumbuh gigi baca di sini.

Semua jus buah dan sayur cukup baik diberi pada bayi 7 bulan, hanya saja sifatnya harus tetap sebagai makanan pendamping ASI. Jadi alangkah lebih baik lagi jika ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi buah dan sayuran agar produksi ASI tetap mencukupi kebutuhan si kecil. Ingat bahawa buah dan sayur dapat meningkatkan produksi ASI (baca buku posyandu atau tanya dokter). Kadang malah sebaliknya, bayi usia 7 bulan diberi buah tapi kecukupan gizi ibunya tidak diperhatikan.

Demikianlah sharing singkat pengalaman memberi buah pada bayi usia 7 bulan, semoga bermanfaat dan silahkan berbagi pengalaman  via komentar dibawah. Baca juga cara dan jadwal memberi makan bayi 7 bulan di sini.


Related Post

Tidak ada komentar: