Cara Memberi Makan Bayi 6–8 Bulan


Setelah umur bayi mencapai 6 bulan maka sudah bisa diberi makanan pembantu ASI. Adapun makanan yang dapat dijadikan sebagi makanan pembantu ASI untuk usia 6 – 8 bulan adalah:
  1. Bubur susu.. ini banyak dijual secara instant dengan berbagai merek. Beri anak bayi umur 6 – 8 bulan dengan bubur instant ini bila anda tidak memiliki waktu untuk membuat nasi tim dan sejenisnya.
  2. Nasi tim, merupakan nasi yang ditanak dengan sayuran dan daging (sumber protein). Nasi tim ini jauh lebih lunak daripada nasi biasa, tepatnya sama dengan membuat bubur. Untuk anak bayi umur 6 bulan nasi tim ini masih harus dihaluskan atau disaring terlebih dahulu sebelum diberikan pada anak.
Adapu cara pemberian makan anak bayi umur 6 – 8 bulan adalah sebagai berikut:

Umur bayi Jenis makanan yang diberikan Frekuensi pemberian makan / hari Jumlah makanan yang diberikan
6 – 8 bulan
  • Asi
  • Makanan pembantu asi (bubur susu / nasi tim) makanan yang dilumatkan biskuit yang dilumatkan dan lain-lain
Pemberian ASI tetap diberikan sesering mungkin
Makanan yang dilumatkan (makanan pembantu ASI) 2 – 3 kali sehari

- Bri juga makanan selingan seperti jus buah, biskuit dan lain-lain 1 – 2 kali sehari
Makanan pembantu asi atau makanan yang dilumatkan diberikan sebanyak 2 –3 sendok makan. Jumlah makanan ini ditingkatkan secara bertahap hingga di umur 8 bulan mencapai 1/2 gelas perhari / makan.

Itulah cara memberi makan bayi umur 6 – 8 bulan yang dianjurkan pada kegiatan posyandu. Jenis makanan (sayuran dan sumber protein) sebaiknya divariasikan sesering mungkin. Ingat pemberian ASI harus tetap dilakukan sesering mungkin.

Makanan pembantu ASI artinya makanan itu hanyalah bersifat membantu kecukupan gizi bayi. Sebelum memberi makan dengan makanan pembantu ASI terlebih dahulu beri ASI. Bayi boleh tidak diberi ASI hanya karena alasan medis, jika hal ini terjadi maka beri bayi susu tambahan (susu formula) sebanyak 1 – 2 gelas perhari.


Related Post

Tidak ada komentar: