Bayi 1 Tahun Belum Bisa Jalan - Cara Stimulasi


Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan ketika anak umur 1 tahun belum bisa jalan. Berdasarkan berbagai literatur perkembangan bayi dapat disimpulkan bahwa setiap anak memiliki pola perkembangan yang berbeda-beda, malah dalam beberapa kasus ditemukan anak umur 2 tahun belum bisa berjalan. Dalam menilai perkembangan bayi, hal yang paling perlu diperhatikan adalah kesehatan badan dan psikis mereka.

Banyak faktor yang menyebabkan bayi lambat memperoleh kemampuan berjalan, salah satu faktor utama adalah "kurangnya latihan", hal seperti ini sering ditemukan pada anak yang kedua orang tuanya sibuk, dimana bayi mereka hanya diasuh perorangan, sehingga tidak ada waktu buat si bai untuk melatih kemampuan berjalan. Berbeda halnya anak yang dititipkan di temapat penitipan anak, di sana kemampuan anak cepat berkembang karena melihat aktivitas anak lainnya.

Apakah anak umur 1 tahun belum bisa jalan dikategorikan abnormal? Tentu tidak, sebab banyak juga ditemukan anak baru bisa berjalan setelah umur 14 bulan bahkan 20 bulan. Untuk itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan selama pertambahan berat badan dan pekembangan psikis mereka terlihat normal. Berat badan normal bayi pernah saya tuliskan sebelunya di sini. Secara lengkap tabel pertambahan berat badan tersebut bisa anda lihat di buku posyandu atau langsung konsultasikan dengan bidan atau dokter anak.

Untuk men-stimulasi kemampuan berjalan anak dapat dilakukan dengan melatih mereka secara teratur. Kegiatan berjemur di pagi hari sebelum jam 9 sangat penting untuk perkembangan tulang anak, jadi biasakan setelah mandi pagi anak di jemur selama 5 - 10 menit dibawah sinar mentari pagi.

Alat yang dapat digunakan untuk stimulasi kemampuan berjalan ini salah satunya adalah baby walker, benda ini dapat berfungsi sebagai mainan sekaligus membantu anak untuk latihan berjalan. Model baby walker sangat beragam, pilihlah yang paling ringan, kuat dan langsing. Baby walker besar akan menghambat pergerakan anak ketika harus lewat di celah-celah sempit seperti diatara sofa, dan melewati pintu antar ruangan. Oleh karena itu setiap membeli perlengkapan bayi sebaiknya tekankan pada fungsi bukan pada nilai estetika keindahan atau mahalnya perlengkapan tersebut.

alat bantu jalan bayi
Selain baby walker juga ada gendongan jinjing yang fungsinya juga dapat membantu anak untuk latihan berjalan, harganya juga lebih murah daripada baby walker. Gendongan jinjing ini multifungsi, di daerah saya harganya di kisaran 90 ribuan.

Selama dirumah dalam pengawasan keluarga biarkan anak bergerak bebas, beri mereka mainan yang mudah bergerak bila disentuh seperti bola berwarna warni, mobil-mobilan, dan lain-lain. Sifat mainan yang mudah bergerak ini akan menstimulus dan memancing anak untuk dapat bergerak cepat.

Didaerah saya jika ada anak yang lambat mampu berjalan biasanya diurut oleh tukang pijat anak. Masalahnya tukan pijat seperti ini tidak ada disetiap daerah, bisa saja kita membawa bayi ke baby massage center itupun jika tersedia di tempat anda. Oleh karena itu, ada beberapa panduan perkembangan bayi yang menganjurkan agar anak sesudah mandi pagi selalu diberi baby oil sambil dipijat lembut terutama dibagian alat gerak mereka. Cobalah miliki salah satu buku-buku panduan yang dikarang para ahli perkembangan anak, agar kita memiliki referensi tepat.


Related Post