Bayi aktif cenderung kurus dan malas makan


Bayi umur 9 bulan keatas cenerung sangat aktif, ketika dia sudah mampu berdiri, naik kereta dorong, apalagi mampu berjalan sendiri maka saat itu pertambahan berat badan tidak sepesat di umur 5-7 bulan. Penampilan si kecil juga terlihat lebih kurus dari sebelumnya, hal ini normal saja, sebab semakin banyak pergerakan bayi maka semakin banyak pula energi yang digunakan.


Selain terlihat kurus, bayi yang sudah berjalan juga cenderung malas makan. Mereka lebih suka bermain jalan kesana kemari saat kita hendak menyuapi makanan. Untuk itu biasakan jadwal makan bayi yang teratur, variasi menu makanan dan kurangi cemilan untuk anak. Selain itu jangan biasakan memberi mainan disaat bayi sedang makan.

Jadwal makan bayi yang teratur akan membiasakan anak untuk makan secara teratur dan cukup. Bahkan sebahagian anak akan minta makan ketika jam makan tiba. Jika ingin memberi cemilan, pilihlah makanan yang sehat dan alami terutama dari jenis buah-buahan. Asupan buah yang cukup akan menambah selera makan bayi, sebab dalam buah terkandung banyak vitamin C dan B.

Memberi Vitamin B complex (multivitamin anak) juga bisa membantu untuk meningkatkan selera makan anak. Untuk mendapatkan multivitamin yang tepat sebaiknya konsultasi dengan dokter anak atau bidan.

Jika pola makan bayi aktif sudah bagus tapi badannya juga tetap terlihat kurus, orang tua tidak perlu khawatir. Memang badan bayi normal akan terlihat lebih kurus ketika mereka sudah pandai berdiri dan berjalan, malah yang perlu dikhawatirkan badan bayi yang tetap gemuk walaupun mereka sudah bisa berdiri dan berjalan. Kegemukan pada anak yang sudah mulai berjalan dapat merubah bentuk tulang mereka, karena tulang tidak sanggup menopang berat badan yang berlebih.

Kegemukan berlanjut setelah bayi bisa berjalan sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak, sebab anak tersebut kemungkinan memiliki kecenderungan obesitas. Obesitas pada bayi saat pertumbuhan tidaklah baik untuk kesehatan dan penampilan mereka kelak, selengkapnya dapat di baca di sini. Kegemukan berlebih dapat menghambat perkembangan psikis, sebab bayi gemuk cenderung lebih suka tidur daripada bermain.


Related Post

Tidak ada komentar: