Larang Bayi Anda Gigit Jari


Salah satu kebiasaan bayi umur 5 bulan keatas adalah menggigit jemarinya (menghisap). Sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan atau diubah, sebab jari akan selalu dibawa kemana-mana hingga kapanpun. Jika kebiasaan ini dibiarkan bisa saja terbawa hingga anak tumbuh besar bahkan hingga sekolah. Oleh karena itu saya ingin berbagi tentang cara mengubah kebiasaan gigit jari ini berdasarkan pengalaman yang terjadi pada anak saya di rumah.

Melarang bayi dengan mengatakan "jangan" bukanlah cara terbaik, bahkan menurut para pendidik sebaiknya kurangi menggunakan kata "jangan" dalam mendidik anak. Cara terbaik melarang anak adalah dengan memberi pengertian atau mengalihkan perhatian. Bayi tentu saja belum bisa diberi pengertian, oleh karena itu yang bisa dilakukan adalah mengalihkan perhatian. Dalam hal ini anak bisa kita alihkan perhatiannya untuk menggigit benda-benda yang aman untuk digigit. Benda tidak akan selalu ada bersama mereka, jadi tidak akan menimbulkan efek kebiasaan berlarut-larut, berbeda halnya dengan jari.

Benda yang paling aman dan bermanfaat jika digigit bayi adalah teether. Teether ini selain bisa digunakan untuk menghilangkan kebiasaan menggigit jari juga berguna untuk meransang pertumbuhan gigi. Harga teether juga murah kok, mulai dari yang Rp 8000-an hingga 100 ribuan. Teether merek p*g**n harganya memang cukup mahal yakni sekitar 60 ribuan, tapi teether tersebut tahan lama dan terbuat dari karet padat yang aman untuk anak.

Teether murah biasanya tidak tahan air panas, jadi jangan membersihkannya dengan cara direbus. Teether murah biasanya terbuat dari karet tipis yang didalamnya terdapat cairan. Sebenarnya baik yang murah maupun yang mahal manfaatnya sama saja yakni untuk membercepat pertumbuhan gigi bayi. Hanya saja perawatan dari alat tersebut yang berbeda.

Selain teether masih adakah benda lain yang bisa digunakan untuk mengalihkan kebiasaan bayi menggigit jari? masih kok, salah satunya adalah sendok makan  :), anda tentu tahu sendok makan yang terdapat dalam set peralatan makan bayi. Bahan dari sendok makan tersebut juga aman digenggam dan digigit. Sebaiknya jangan mengalihkan kebiasaan gigit jari tersebut dengan makanan.

Menggigit jari merupakan salah satu perilaku bayi normal dalam perkembangannya, jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Hanya saja jangan sampai itu menjadi kebiasaan yang terbawa hingga mereka tumbuh besar.


Related Post

Tidak ada komentar: