Penampilan Bayi Baru Lahir


Mungkin anda kecewa melihat penampilan bayi anda yang baru lahir, tidak sesuai dengan harapan atau bayangan anda selama ini. Tenang saja sebab memang demikianlah anak baru lahir apalagi terlahir secara normal… kepalanya akan terlihat lebih memanjang atau kurang bulat.

Bentuk kepala baru lahir
Seperti yang sudah kita jelaskan diawal bahwa bentuk kepala bayi yang baru dilahirkan memiliki bentuk kepala yang meamnjang, namun demikian dalam waktu 48 jam bentuk kepala tersebut akan kembali ke bentuk yang normal. Ketika awal kelahiran sering terlihat ukuran kepala lebih besar daripada besar tubuh, tetapi ketika usia sebulan jika ia memiliki pertumbuhan yang normal maka kepala dan badannya akan menjadi simetris.


Rambut anak
rambut anak pada umumnya sudah ada sejak lahir, jika dia memiliki rambut yang tipis bukan berarti rambut tersebut akan tipis selamanya, sebab rambut ketika baru lahir adalah rambut sementara (tidak permanen). begitu juga dengan rambut amak yang tebal, bahkan bentuk rambut juga bisa berubah seiring waktu, ketika lahir rambutnya keriting bisa jadi setelah tumbuh besar rambutnya menjadi lurus begitu sebaliknya. Rambut awal akan berguguran secara perlahan-lahan selama bulan-bulan pertama dan rambut tersebut akan digantikan oleh rambut yang baru. Umumnya rambut bayi akan tumbuh lebih baik setelah dicukur.

Ukuran Badan
Normalnya ukuran badan bayi Indonesia adalah sekitar 2,5 Kg – 4,5 Kg, dan panjang normalnya sekitar 40 – 51 cm serta lingkar kepala rata-rata 35 cm. anak yang lahir lebih awal, berat badannya akan lebih kurus bila dibandingkan dengan yang lahir lebih seminggu dari masa normal, tapi berat badan kedua bayi tersebut akan sama pada 6 bulan berikutnya.

Warna kulit
Warna kulit bayi baru lahir yang sehat adalah kemerah-merahan, jika anak lahir dengan warna kulit kekuningan itu belum tentu tanda penyakit atau tidak normal, coba perhatikan selama seminggu dengan memberi cukup ASI biasanya warna kulitnya akan kembali kemerahan.

Itulah penampilan bayi yang baru lahir saya kumpulkan dari bacaan tentang ibu dan anak. Semoga artikel ini memiliki manfaat bagi kita semua. Jika ingin menambahkan informasi tentang hal ini silahkan hubungi author blog ini atau tambahkan melalui form komentar.


Related Post

Tidak ada komentar: