Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah


Cara merawat  bayi baru lahir sendiri di rumah jangan pernah samakan dengan bermain game perawatan bayi di android. Referensi terbaik adalah pengalaman atau melihat praktek yang dilakukan suster di rumah bersalin, hal ini agar anak bisa tumbuh dengan baik dan benar.  Merawat bayi baru lahir secara teknis sangat berbeda dengan perawatan anak 6 bulan keatas. Perkembangan di masa baru lahir sangat cepat, dalam sebulan pertambahan berat badan mencapai 1 Kg lebih. Tidak perlu mencari tips agar cepat gemuk, selama kita memberinya ASI eksklusif bisa dipastikan pertumbuhannya akan sehat dan berada dalam batasan normal.

Perilaku bayi:
Anak baru lahir sering tidur, bahkan bisa dipastikan ¾ aktivitasnya adalah tidur.  Perilaku seperti ini akan berlangsung hingga umur 4 bulan. Jadi sebagai orang tua jangan terlalu khawatir bila melihat bayi baru lahir banyak tidur daripada terjaga, sebab kemampuan mereka masih terbatas, jangankan bermain jarak pandang mereka saja masih sangat pendek bila dibandingkan dengan anak umur 7 bulan.

Fokus perawatan
Yang paling penting diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir di rumah adalah masalah kebersihan si kecil. Hingga umur 3 bulan mereka sangat sering buang air kecil dan besar, bayi normal pasti akan menangis sesaat setelah buang ari, hal ini karena mereka merasa tidak nyaman. Biasakan segera mengganti popok dan bedong-nya setiap kali buang air, karena bayi umur 0 – 7 bulan sangat mudah terserang ruam popok. Untuk mengatasi masalah ruam popok  bisa dibaca di sini.

Memandikan bayi
Memandikan anak baru lahir cukup dengan dilap air hangat dengan kain handuk saja. di toko perlengkapan bayi ada juga dijual paket perlengkapan bayi baru lahir yang didalamnya terdapat sarung tangan dari kain handuk, fungsinya adalah untuk melap badan anak baru  lahir. Cara mandi seperti ini akan berlangsung hingga sebulan, disaat bayi memasuki bulan ke 2 kita sudah bisa memandikan mereka dengan cara dibilas secara perlahan dan berhati-hati.

Kegiatan Berjemur
Tujuan menjemur bayi baru lahis salah satunya adalah untuk pertumbuhan tulang, selain itu berjemur juga bisa menyembuhkan bayi kuning. Waktu berjemur yang baik adalah antara jam 7 – 8 pagi. Lama berjemur tidak lebih dari 15 menit, pada bayi normal kegiatan berjemur dilakukan setelah umurnya 1 bulan, namun pada bayi kuning kadang dokter anak juga akan menganjurkan agar bayi deijemur walaupun umurnya baru 2 minggu.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir di rumah, ditulis berdasarkan pengalaman penulis. Lebih kurangnya mari diskusikan melalui form komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat…


Related Post

Tidak ada komentar: