Umur 2 tahun anak belum pandai berbicara?


bayi 2 tahun belum bicara
Penulis kebetulan memiliki seorang anak bayi yang saat ini umurnya telah lebih 2 tahun. Ketika umurnya pas 2 tahun saya tersebut juga belum pandai berbicara, jika ia hendak sesuatu dia biasanya hanya menunjuk. Oleh karena itu kami membawanya ke dokter anak untuk berkonsultasi, dari hasil konsultasi tersebut dokter manatakan bayi kami normal-normal saja, keterlambatannya mampu berbicara itu hanya karena ia kurang berinteraksi dengan anak lain yang telah pandai berbicara.

Saya akui memang anak kami tersebut hampir tidak berinteraksi dengan orang lain selain keluarga, dan kebetulan pada keluarga besar juga belum ada bayi sebayanya. Berdasarkan kenyataan tersebut dokter manganjurkan agar anak kami mengikuti terapi atau diikutkan di sekolah paud. Saya cukup khawatir jika menitipkan anak di paud sebab beliau belum pandai berbicara. Untuk mengikuti terapi saat ini masih ada kendala dan keterbatasan, olah karena itu akhirnya saya memutuskan untuk membeli saluran TV berlangganan yang banyak siaran anak-anaknya (indovision).

Setelah sebulan berlangganan Indovison perkembangan anak tersebut terlihat cukup cepat, dimana kosa kata yang mampu dia ucapkan juga sudah cukup banyak. Dia juga mampu menghapal serta menyebut nama-nama tokoh yang sering dilihatnya di acara-acara balita. Namun rasanya tetap saja kurang maksimal, sebab hingga saat ini di umurnya yang sudah 2 tahun ulan masih belum mampu mengucapkan kalimat, dia baru mampu mengucapkan sepatah 2 patah kata saja.

Dari cerita diatas dapat dilihat bahwa interaksi anak dengan orang lain selain anggota keluarganya sangatlah penting untuk kecepatan perkembangannya terutama dalam hal kemampuan berbicara. Oleh karena itu sebagai penulis dan seorang bapak saya sangat menyarankan bagi kita semua, “sesibuk apapun aktivitas kita sebagai orang tua, sempatkanlah mengajak anak berinteraksi dengan orang lain”. Ingatlah konsep mencegah lebih baik daripada mengobati.

Membeli tv berlangganan yang memiliki banyak saluran anak-anaknya memang cukup membantu, tapi saya yakin akan lebih membantu jika anak tersebut langsung berinteraksi dengan anak-anak sebayanya di lingkungan bermain. Di taman bermain anak akan berusaha sendiri untuk mampu menyesuaikan diri dengan teman sebayanya. Semoga tulisan singkat tentang kemampuan berbicara anak ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.


Related Post

Tidak ada komentar: