Resep Makanan Bayi Sehat Usia 6 Bulan Pertama


Makanan bayi 6 bulan sebenarnya sudah penah di singgung di blog ini secara umum bisa dilihat di sini. Namun agar lebih spesifik ada baiknya kita menuliskannya pada halaman khusus, agar lebih terarah dan mudah dipahami makna makanan pembantu ASI. Anjuran dari kementrian kesehatan agar bayi diberi ASI ekslusif hingga usia  enam bulan, artinya bayi selama 6 bulan pertama hanya mengkonsumsi Air Susu Ibu saja, baik sebagai makanan maupun sebagai obat penyembuh dan pencegah dari penyakit. Oleh karena itu sering sekali dokter hanya menganjurkan pemberian ASI sesering mungkin ketika bayi sedang sakit, terutama untuk anak bayi dibawah enam bulan. Setelah memasuki usia 6 bulan, anak mulai bisa diberi makanan pembantu ASI.

Makanan bayi usia 6 bulan tidak sulit untuk dibuat, karena pilihannya juga terbatas. Pada usia ini anak hanya dianjurkan belajar menyesuaikan diri dengan makanan pembantu asi. Namanya juga belajar menyesuaikan diri, jadi jumlah yang diberikan juga sedikit, yakni kurang lebih 1 sendok makan saja per sekali makan. Pada minggu pertama bayi diberi makan sebanyak 1 kali sehari saja ditambah dengan sedikit lumatan buah-buahan (sebagai makanan selingan). Jadi pada usia ini makanan utama bayi masih tetap air susu ibu.

Jenis makanan bayi sehat 6 bulan yang sering dianjurkan dari zaman dulu kala adalah bubur susu (bukan bubur tim). Cara membuat bubur susu ini dapat anda lihat di sini. Buah-buahan sebagai makanan selingannya adalah pisang yang dikerok. Cara membuat kedua jenis makanan ini bisa anda lihat di halaman tersebut. Jenis makanan bayi tersebut dikategorikan makanan sehat oleh buku panduan posyandu, dan dianjurkan oleh para bidan.
resep makanan bayi sehat usia 6 bulan pertama
Resep makanan bayi 6 bulan alternatif adalah bubur instan. Sebaiknya bubur instant merek apapun itu hanya dijadikan sebagai makanan alternatif. Sebab hampir segala sesuatu yang instan memiliki efek samping jika diberikan terlalu sering.  Dengan kata lain anak bayi mengkonsumsi bubur instant hanya dalam keadaan darurat saja. Walaupun and aseorang wanita karir yang sangat sibuk, sebaiknya di pagi hari resep terlebih dahulu makanan untuk bayi anda.  Alangkah baiknya bila seorang ibu (wanita karir) mengetahui persis apa yang dimakan oleh anaknya setiap harinya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa makanan bayi pertama usia 6 bulan itu tidak sulit untuk dibuat, diberi hanya 1 sendok makan per sekali makan, dan diberi 1 kali sehari. Makanan selingan berupa buah-buahan yang dilumatkan, dan ASI masih merupakan makanan utama. Pemberian ASI masih tetap seperti biasanya (sesering mungkin / semaunya bayi). Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi orang tua baru.


Related Post

Tidak ada komentar: