Kumpulan Resep Makanan Bayi


Kemampuan lambung bayi dalam mencerna makanan belum sesempurna lambung orang dewasa. Oleh karena itu perlu makanan khusus untuk mereka terutama anak bayi dibawah 30 bulan (masa pemberian ASI). Perhatian sangat khusus perlu diberikan pada tekstur makanan anak usia dibawah 9 bulan (gigi belum tumbuh). Tanpa adanya gigi tentu saja proses pencernaan harus dibantu dengan proses pelumatan bahan makanan. Berikut ini beberapa resep makan untuk anak bayi:

Bayi tidak perlu diberi makanan tambahan pendamping ASI hingga usia mereka 6 bulan, sesuai dengan anjuran pemerintah tentang ASI eksklusif, dengan syarat Ibu menyusui dalam keadaan sehat “Ibu Sehat Bayi Selamat”.

Pada usia 7 bulan
Sudah bisa diberi makanan tambahan berupa makanan berteksetur halus diantaranya: bubur susu dan pisang gerus, bubur tepung kacang hijau, dan lain-lain.
Bahan: tepung beras, susu, gula dan garam
Cara membuat: campurkan semua bahan dengan air secukupnya ( berbentuk larutan), selanjutnya masak campuran tersebut samba diaduk agar tidak gosong di bagian bawahnya, bubur ini dimasak hingga agak mengental.
bubur susu dan pisang gerus

  • Resep bubur tepung kacang hijau
Bahan: tepung kacang hijau, susu, gula dan garam
Cara membuat sama dengan bubur susu.

  • Membuat pisang gerus:
Ambil buah pisang yang benar-benar matang (pisang ambon atau berangan), jangan gunakan jenis pisang gorengan atau kolak karena agak sepat dan bisa membuat bayi susah buang air besar. Cuci pisang tersebut, kupas sedikit lalu gerus dengan menggunakan sendok the, usahakan hasil gerusan bertekstur halus. Pisang gerus ini juga bisa diberi untuk melancarkan pencernaan pada bayi yang susah BAB.

Saat bayi telah berumur 10 bulan
Biasanya sudah tumbuh gigi depan. Saat ini sudah bisa diberi makanan pendamping asi berupa nasi lunak + lauk pauk bertekstur halus. Berikut beberapa resep makanan untuk bayi usia 10 bulan:
  • Nasi lunak + ikan laut + sayur bayam
  • Nasi lunak + ikan air tawar + sayur
  • Nasi lunak + telur/ tahu + sayur
Buah / sari buah diberi sebagai makanan selingan. Pada usia ini frekuensi pemberian makan masih 2 kali sehari hingga usia 12 bulan (dengan syarat ASI masih tetap diberi). Penulis tidak mencantumkan daging sapi atau ayam karena tekstur keduanya agak keras dan kasar, berdasarkan pengalaman; jika ingin memberi anak daging ayam atau sapi harus di lumatkan dulu. Sayur mudah lunak; bayam, wortel, jipang, dan buncis. Terkait bumbu masakan baik diberi sejak dini seperti bawang, bawang putih dan seledri.

Menu resep makanan bayi usia diatas 12 bulan
Sudah bisa diberi makanan keluarga namun demikian perlu perhatian saat menanak nasi. Sebaiknya ditanak agak lunak dari biasanya hal ini untuk membantu anak untuk mencerna makanan, mereka memang telah memiliki gigi tapi jumlah gerahamnya belum banyak jadi kemampuan mengunyah (melumatkan makanan) masih terbatas. Tidak jarang bayi diatas 12 bulan membuang kembali makanan di dalam mulutnya karena terlalu keras.

Itulah beberapa resep makanan bayi dari umur 7 hingga 30 bulan. Setelah 2,5 tahun bayi bisa diberhentinkan menyusu, gigi mereka juga sudah banyak geraham biasanya sudah ada 2 – 4 pasang. Ajarkan si kecil untuk selalu mengunyah makanan sebelum ditelan, kalau perlu selalu diperingatkan karena banyak sekali bayi hingga umur 3 tahun lebih suka makanan lumat karena mudah ditelan hal ini karena mereka tidak diajarkan utuk mengunyah makanan. Semoga bermanfaat.




Related Post

Tidak ada komentar: