Bayi susah tidur malam kenapa?


Met sore para orang tua… bayi kami berumur 2 tahu lebih, masih layak disebut anak bayi kan? Oh iya tentang perilaku ‘tidurnya’ lumayan merepotkan loh.. gimana tidak merepotkan, kebiasaanya begadang mengalahkan kita-kita orang tua. Jam 1 malam dia masih sanggup nonton siaran tv bayi seperti Disney junior. Kebiasaan ini sudah berlangsung hampir sebulan, terutama sejak dia berhenti menyusu ASI.
bayi susah tidur
Dulu saat dia masih menyusu ASI jadwal tidurnya cukup normal, sebab dia mudah tertidur ketika sedang menyusu, namun sejak berhenti dia terlihat keulitan untuk tidur cepat.mungkin dia menganggap bahwa untuk tidur itu haru sambil minum ASI kali ya…

Membolehkannya kembali minum ASI di saat seperti ini tentu tidak baik, sebab untuk mennghentikannya mimi saja sangat sulit. Oleh karena itu kami mulai memperhatikan pola tidur si kecil dan begini kemungkinan penyebab bayi susah tidur malam;

  1. Pasca berhenti munum ASI ini mungkinn salah satu penyebabnya, sebab selama ini di selalu ditidurkan dengan meyusukannya.
  2. Jadwal tidur siang yang salah, dia hampir jarang tidru siang tapi suka tidur di sore hari (sekitar jam 5 hingga jam 7 sore) sehingga di malam harinya dia tidak merasa mengantuk.
  3. Bayi tidak biasa tidur siang juga karena dia suka lambat bangun, bayangkan dia selalu bangun pagi diatas jam 8 pagi, dan kadang masih suka tidur kembali setelahnya sehingga di siang hari dia tidak merasa ngantuk.


Kalau bayi susah tidur malam pasca berhenti ASI saya rasa normal saja, dan kebiasaan susah tidur itu tidak akan bertahan lama. Seiring waktu dia akan terbiasa tidur tanpa menyusu. Untuk mempercepat usahakan semua anggota keluarga memiliki siklus tidur yang tertib, ingat anak bayi sangat suka meniru. Jika dia melihat orang tuanya masih bangun ‘begadang’ maka dia juga bisa ikut-ikutan begadang.

Siklus tidur siang yang salah, ini memang sangat sulit diubah. Tapi sebagai orang tua kita harus gigih untuk mengubah kebiasaan ini, kuncinya ada di bangun pagi. Usahakan anak bayi bagun pagi sekitar jam 7, mandikan dan beri sarapan. Bangunlah rutinitas yang baik karena ini yang akan membentuk karakter si anak. Kalau dia sudah bangun pagi sejak jam 7 maka di siang hari setelah selesai makan siang dia akan ngantuk dan tertidur sendiri. Anjuran orang tua; jangan biarkan anak bayi tidur sore terutama di waktu Magrib. Salah satu alasan anjuran itu adalah agar anak tidak susah tidur malam, dan memang sangat logis bukan.

Beberapa hari setelah tips diatas penulis lakukan ternya hasilnya cukup baik, si kecil juga sudah terbiasa tidur jam 11 malam walau kadang masih belum tertidur hingga jam 12. Semoga bermanfaat dan silahkan berbagi pengalaman melalui komentar…


Related Post

Tidak ada komentar: