Menaikkan Berat Badan Bayi


Bayi gemuk identik dengan lucu, beda halnya dengan Ibu atau Bapak gemuk sama sekali tidak lucu. Penampilan temok belum tentu menandakan sehat begitu juga dengan terlihat kurus. Boleh-boleh saja kita menginginkan bayi terlihat gemuk, meningkatkan berat badan bayi bukan sesuatu yang salah, asal masih dalam batasan normal. Berat badan bayi normal harus tetap menjadi acuan dalam mendampingi pertumbuhan mereka, oleh karena itu baca buku posyandu dan tandai peningkatan berat badan mereka dari waktu ke waktu. Pada grafik di buku posyandu tersebut ada area kuning, hijau muda dan hijau tua. Area kuning berarti bayi terlalu kurus, area hijau muda bayi dalam batas normal, dan berat badan berada di area hijau tua paling atas berarti anak terlalu gemuk.

Jika berat badan bayi berada di area kuning yang artinya si kecil terlalu kurus:

  1. Untuk bayi berumur dibawah 6 bulan (masa ASI ekslusif minimal) kemungkinan si kecil kekurangan ASI penyebabnya cukup beragam, salah satu yang paling sering ditemukan adalah karena produksi ASI ibu menyusui sangat kurang. Untuk itu sangat tidak dianjurkan Ibu menyusui melakukan pola diet di masa menyusui. Penyebab lain, berkaitan dengan kualitas ASI, untuk hal ini perlu pemeriksaan dan konsultasi langsung dengan dokter anak. Pemberian susu pendamping sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter anak.
  2. Kekurangan berat badan bayi pada umur diatas enam bulan. Pada masa ini si kecil bisa diberi makanan tambahan atau susu formula pendamping ASI. Pemberian makanan pendamping asi untuk bayi 6 - 9 bulan berupa makanan lunak (dihaluskan) diantaranya: bubur susu, bubur kacang hijau + susu, Susu formula dan lain-lain. Jika berat badan tetap di bawah normal walaupun telah diberi makanan pendamping ASI maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak.
  3. Kekurangan berat badan pada bayi diatas 9 bulan memiliki penyebab yag beragam, pada saat ini biasanya bayi telah mampu merangkak dengan cepat bahkan mulai belajar berdiri dan berjalan berpegangan pada sisi tembok. Aktivitasnya semakin bertambah seiring pertambahan usia, oleh karena itu asupan makanan pendamping ASI juga harus ditambah baik ragam dan jumlahnya. Perhatikan siklus istirahat bayi, kebanyakan bermain dan kurang istirahan tanpa didukung dengan asupan gizi yang cukup dapat menyebabkan bayi 9 bulan kekurangan berat badan (kurus). Pada saat ini anak sudah bisa dikenalkan dengan basi lunak dan beragam lauk pauk karena giginya telah tumbuh.
  4. Kekurangan berat badan pada anak bayi diatas satu tahun cenderung karena si anak terlalu banyak bermain dan kurang makan. Kurang makan umumnya karena mereka tidak mau makan, oleh karena itu jangan sesekali memperkenalkan jajanan (snack, ice cream, permen, dll) pada anak bayi dibawah 3 tahun. Jika sudah terlanjur coba perbaiki dengan perlahan mengurangai kebiasaan anak mengkonsumsi jajanan tersebut. Perhatikan menu makanan kesukaan si anak, dan pastikan bahan menu kesukaan tersebut selalu tersedia di lemari pendingin. 
Dalam mengontrol berat badan bayi perlu adanya acuan, dan acuan itu bisa dilihat secara sederhana di buku posyandu, oleh karena itu bagi kita yang belum pernah membawa si kecil ke posyandu cobalah sekali saja datangi posyandu tersebut. Untuk daerah pelosok yang tidak memiliki posyandu maka buku pedoman perkembangan bayi tersebut bisa diminta di puskesmas kecamatan, disana tersedia banyak. 

Mengurangi aktivitas bermain anak bukan solusi dalam meningkatkan berat badan, tidak mungkin memaksa si bayi untuk tidur apalagi ketika umurnya diatas 2 tahun. Memberi mereka makanan bergizi merupakan solusi terbaik. Sekali lagi pesan penulis, "jangan perkenalakan anak bayi dengan berbagai jenis jajanan minimal sebelum usia mereka 3 tahun". Logikanya, anak 2 tahun telah mampu memilih-milih makanan yang mereka suka, jika yang mereka sukai adalah jajanan sudah pasti sulit memberi mereka makan nasi dan lauk pauk. Karena dalam pemikiran mereka makanan yang enak itu adalah jajanan tersebut. 

Beri mereka susu tambahan terutama untuk anak bayi diatas 2 tahun. Dalam hal ini anak juga biasanya memilih-milih, coba saja sekali berganti merk atau rasa kebanyakan anak bayi tidak mau minum susu yang tidak biasa mereka minum. Susu formula statusnya tetap sebagai pendamping hingga anak berumur 2 tahun 6 bulan. Ibu menyusui yang melakukan diet secara tidak langsung akan berpengaruh pada perkembangan berat badan bayi. Oleh karenanya jika hendak melakukan diet sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter anak bukan dengan ahli kecantikan atau kebugaran! semoga bermanfaat. 



Related Post

Tidak ada komentar: