Cara Cara membuat bayi berhenti menyusu


Repot memang kalau anak masih menyusu hingga umur 2 tahun lebih, biasanya sangat sulit menghentikan bayi tersebut untuk menyusu pada ibunya terutama menjelang tidur malam. Mungkin banyak cara telah disampaikan oleh orang tua-tua di sekitar kita, tapi bisa jadi cara tersebut tidak berhasil. Kali ini blog si kecil ingin berbagi tentang cara menghentikan bayi menyusu (berhenti total), ditulis berdasarkan pengalaman baru-baru ini.
menghentikan bayi menyusui


1. Memisahkan si anak bayi beberapa hari dengan ibunya:
Maksudnya disini adalah menitipkan anak beberapa hari di rumah neneknya atau bisa juga di rumah family dekat lainnya. Cara ini bisa anda coba, namun saya sampaikan cara ini tidak berhasil untuk bayi kami, alasan utamanya karena si Ibu juga tak sanggup berpisah lama dengan si anak bayi. Dulu anak kami pernah tidak menyusu beberapa hari karena si Ibu ada perjalan dinas ke luar daerah, tapi sepulangnya si Ibu anak kembali menyusu.. jadi tips berhenti menyusu ini gagal.. gagal.. dan gagal..

2. Mengolesi mimi si Ibu dengan zat pahit alami.
Mungkin anda bertanya kenapa harus alami? Sebenarnya simpel aja, demi keamanan kesehatan anak bayi. Bisa saja diolesi dengan obat tapi obat kan memiliki efek samping, lagi pula si bayi tidak sedang sakit kenapa harus mencicipi obat-obatan. Zat alami yang paling cocok adalah Brotowali.. tanaman ini pahit luar biasa, jangankan bayi, orang dewasa saja kalau mencicipi getah tanaman ini bisa ngomel-ngomel sakin pahitnya. Cara mengolesnya juga mudah, cukup potong batang brotowali (tanaman menjalar), oleskan bekas potongan dan biarkan mongering. Ketika bayi minta mimi, beri aja seperti biasanya, dijamin si anak bakalan ngomel-ngomel juga (alias nagis)…

Redakan tangis si bayi dan jelaskan bahwa miminya memang sudah pahit karena dia sudah besar, kalau udah besar gak mimi lagi karena mini udah pahit. Anak umur 2 tahun keatas sudah mampu memahami ucapan kita terutama tentang sebuah rasa. Biasanya sejak saat itu juga bayi akan berhenti menyusu, bahkan kalau dipaksa menyusupun dia tidak akan mau lagi (nangis/ trauma rasa pahit). Cara yang kedua ini sukses 100% , karena si ibu tidak berpisah dengan anaknya, dan si bayi trauma rasa pahit.

Itulah dua cara untuk membuat bayi berhenti menyusu berdasarkan pengalaman, semoga bermanfaat… o iya brotowali bisa diganti dengan rimbang, pare, kulit biji mahoni dan tanaman pahit lainnya.


Related Post

Tidak ada komentar: