Tips Memilih Mainan Bayi


Apa susahnya memilih atau membeli mainan untuk anak bayi? Toh semua sama saja hanya untuk dimainkan. Kalau kita orangnya acuh tak acuh mungkin pendapat itu yang akan kita berikan bila ada yang bertanya demikian. Padahal kalau kita perhatikan ada perbedaan jenis mainan untuk bayi dengan anak usia diatas 3 tahun. Bayi belum bisa memahami tentang fungsi-fungsi benda, berbeda halnya dengan anak umur diatas 3 tahun dimana mereka sudah memahami fungsi itu dengan cukup baik.
alat bantu untuk mengajarkan bayi berjalan

Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan memuat beberapa tips dalam memilih mainan untuk bayi dari umur 0 hingga 3 tahun. berikut beberapa tips tersebut:

  1. Bayi dibawah 2 bulan bisa dikatakan tidak terlalu membutuhkan mainan, adapun bila kita tetap ingin memberinya maka belilah mainan yang dapat digantung diats langit-langit atau tempat tidur mereka. Usahkan mainan gantung yang memiliki banyak warna cerah dan mengeluarkan bunyi-bunyian.
  2. Pada saat bayi sudah bisa menelungkupkan badan maka saat itu mereka sudah bisa diberi mainan yang berfungsi di lantai seperti, bola kain, boneka berbunyi jika di sentuh dan lain-lain. Intinya pada saat ini mereka perlu diedukasi dengan stimulus bunyi dan gerak. Pilihlah mainan berbahan lembut seperti kain atau karet latex.
  3. Disaat bayi sudah bisa merangkak (umur 6 bulan keatas) maka pilihlah mainan yang mudah bergerak bila mereka sentuh, hal ini dapat menstimulus perkembangan anak bayi dalam hal kemampuan bergerak. Contoh mainannya: bola kain atau karet, mobil-mobilan karet atu plastik yang permukaannya halus dan lain-lain. Prinsipnya adalah mainan yang mudah bergerak bila disentuh bayi. Selain itu pada saat ini bayi juga sudah bisa diberi mainan teether untuk merangsang pertumbuhan gigi teether juga bisa dikategorikan sebagai mainan.
  4. Ketika bayi sudah mulai belajar berdiri (9 bulan keatas) beri mainan yang bisa menopang si anak untuk berjalan contohnya kereta dorong bayi dan lain sebagainya. Pada saat ini dia akan sangat aktif menjelajah ruangan untuk itu selalu pilih mainan yang berbahan lembut dan aman bila tertimpa anak bayi.
  5. Ketika anak bayi sudah mulai belajar jalan (1 tahun keatas) beri mereka minan edukatif yang dapat mengeluarkan kata-kata, atau musik. Saat ini bayi juga sudah bisa mulai dikenalkan dengan sepeda roda tiga, walaupun pada dasarnya mereka belum mampu mendayung sendiri.

Setiap membeli mainan sebaiknya bacalah label yang menyertainya, disana selalu dicantumkan keterangan tentang usia anak yang tepat untuk memainkan permainan tersebut. Dengan begitu setiap mainan yang kita beri pada anak bayi selalu bermanfaat dan bukan hanya sekedar hiasan belaka. Sebagai contoh kasus biasanya mobil-mobilan pasti cepat rusak bila diberi pada anak umur dibawah 2 tahun, hal ini wajar saja sebab pada dasarnya mereka belum memahami fungsi mainan tersebut, oleh karena itu di kotak mainan berupa mobil-mobilan selalu ditulis untuk anak 3 tahun keatas. Itulah beberapa tips memilih mainan bayi, semoga bermanfaat.


Related Post

Tidak ada komentar: