Batita itu 100% peniru didik dia dengan kebaikan


Dulu saya suka menjulurkan lidah ke arah bayi kami, ketika umur 5 bulan dia sering menjulurkan lidah. Kemampuannya meniru begitu luar biasa, coba kita perhatikan jika si kecil memegang HP atau telepon rumah, spontan ponsel tersebut akan ditempelkannya di telinga. Begitulah batita, mengadopsi perilaku orang di sekitarnya dengan sempurna. Apakah itu kebiasaan baik maupun perilaku buruk pasti akan ditirunya.

Sebagai orang tua yang selalu didekatnya mari jaga sikap. Perilaku kita menjadi guru (pendidikan) bagi bayi, semakin banyak kita melakukan hal baik di dekatnya, semkin banyak kebaikan dia tiru, begitu juga sebaliknya.
Sikap/ perilaku berikut penting dihindari ketika ada di dekat bayi:
  1. Bertengkar, pernah anda melihat reaksi anak umur 14 bulan ketika melihat orang disekitarnya bertengkar (adu mulut)? Pengalaman pada anak saya, dia juga ikut ngomel-ngomel dengan bahasanya sendiri ketika melihat pertengkaran. Mereka masih terlalu kecil untuk memahami apakah cekcok itu baik atau buruk, baginya semua tingkah laku kita perlu ditiru.
  2. Berkata-kata kotor, bayi juga sanagat suka meniru kata-kata orang sekitarnya, anak saya pernah meniru ucapan ipin upin  (betul..betul..betul..) ketira saya mengucapkan itu. Jadi mari hindari menggunakan kosa kata jelek di dekat anak.
  3. Di depan anak laki-laki ibu jangan bersolek (mengenakan lipstik, ber- make up, dll). Anak saya juga laki-laki, ketika dia menemukan spons bedak di bawah meja rias dia menggosokkan spons tersebut ke mukanya, seperti yang dilakukan ibunya. Mungkin dia pernah melihat si mande sedang bersolek ya... heheh. Tentu tidak selamanya para ibu menghidari bedandan di depan anak, ketika anak sudah mengerti gender silahkan saja dilakukan.
  4. Di hadapan anak perempuan bapak jangan cukur kumis atau jenggot (menurut pendapat saya saja), soalnya saya belum punya anak perempuan jadi gak tahu apakah bayi perempuan juga suka meniru perilaku bapak.
  5. yang lainnya silahkan tambahkan melalui commentar. Agar pembaca blog sederhana ini bisa mendapat gambaran pengalaman kita dalam merawat anak. Intinya... kebiasaan baik orang tua akan menular pada anak, begitu juga dengan kebiasaan buruk.
Bayi laki-laki saya sangat senang mengejar hewan peliharaan, di rumah nenek ada kucing, kalau dia melihat kucing tersebut pasti akan dikejarnya, bukan hanya dikejar tapi dia berusaha memegang. Menurut saya hal seperti ini juga perlu dihindarkan dulu, kita tidak tahu perilaku hewan peliharaan tersebut. Walaupun kucing jinak bisa saja dia tiba-tiba terkejut dan mencakar si kecil. Sampai sekarang tidak pernah terjadi sih.. mudah-mudahan tidak akan pernah terjadi, Aamiin...

Itulah beberapa sikap yang sebaiknya jangan dilakukan di hadapan bayi, mungkin kita para pembaca memiliki pengalaman berbeda dalam mengasuh anak ini, mohon kiranya sudi menambahkannya melalui form kometar ya.... atau hubungi saya biar pengalaman tersebut saya listing di halaman ini.  baca juga artikel sebelumnya  Bayi Sebagai Agent of Change Bagi Keluarga dan Pentingnya Kerapian Rumah Untuk Keselamatan Anak semoga bermanfaat.


Related Post

No comments: