Peralatan Makan Bayi Yang Aman


Setelah umur 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan tambahan (makanan pembantu ASI). Jenis menu makanan yang cocok untuk anak bayi bisa dilihat di sini. Kali ini kita akan mendiskusikan tentang peralatan makan bayi, terutama menyangkut keamanan dan sisi manfaat dari peralatan tersebut. Saya yakin sebagai orang tua anda telah menyediakan peralatan ini jauh hari sebelumnya. Permasalahannya, apakah peralatan tersebut aman digunakan untuk bayi???

Bahan pembuat peralatan makan bayi yang aman.

Banyak peralatan bayi saat ini dibuat dari melamin, padahal di kegiatan posyandu telah dijelaskan para bidan bahwa peralatan makan dari melamin tidak aman digunakan untuk anak bayi, mengapa demikian? Hal itu karena melamin dapat melepaskan partikel-partikelnya bial terkena air atau makanan panas. Padahal makann bayi cenderung kita hidangkan dalam keadaan hangat bukan? Itulah penyebab kenapa peralatan makan bayi dari melamin sebaiknya dihindari. 

Bagaimana dengan plastik? 
secara umum sama saja dengan melamin, terkecuali pelastik jenis-jenis tertentu yang memang aman digunakan sebagai wadah makanan. Apa jenis plastik yang aman untuk wadah makanan tersebut??? Banyak sekali jenis plastik di dunia ini, tapi agar lebih mudah untuk mencari peralatan yang aman digunakan untuk bayi carilah tempat makan yang berlogo PP (polypropylene). Biasanya logonya tertera di bagian bawah wadah plastik, berbentuk segitiga berpanah, dan di dalam segitiga tersebut tertulis angka 5. Contohnya bisa dilihat di gambar dibawah ini:
jenis plastik aman untuk bayi


Dari gambar saya yakin anda sudah tahu merek apa dan dimana bisa mendapatkan peralatan makan bayi yang benar-benar aman. Sebagian kita pasti berfikir, peralatan dari merek tersebut mahal-mahal. Sebaiknya pikiran seperti itu dibandingkan dengan biaya pengobatan jika bayi anda sakit...:)

Peralatan makan bayi dari logam

Logam seperti stainless steel sangat aman digunakan sebagai peralatan makan. Hanya saja menggunakannya pada bayi haruslah hati-hati. Bayi yang sudah besar 9 bulan keatas sangat suka mengambil benda-benda di sekitarnya, behkan ketika kita menyuapi saja mereka bisa merebut sendok yang kita pegang. Oleh karena itu gunakanlah peralatan logam yang tebal dan tumpul, jangan gunakan garpu untuk menyuapi bayi. Begitu juga dengan peralatan makan dari kaca, memang aman dari proses kimiawi akibat makanan panas, hanya saja kurang aman bagi anak bayi yang belum mengerti bahwa kaca mudah pecah.

Kesimpulannya; peraltan makan bayi yang aman itu dari plastik berkode PP-5. Harganya memang cenderung mahal, tapi bila dibandingkan dengan efek kesehatan yang diberikannya maka harga tersebut cukup terjangkau. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.


Related Post

Tidak ada komentar: