Bayi Dua Bulan Memangnya Bisa Apa Sih?


Sering sekali ada pertanyaan di blog ini tentang kemampuan bayi umur 2 bulan, pertayaan itu umumnya datang dari Ibu muda, atau ibu yang baru memiliki anak satu. Padahal di blog ini perilaku anak bayi dua bulan sudah dijelaskan beberapa kali terutama di sini dan di sini. Sekali ini kita hanya akan mengulang tentang kemampuan anak bayi umur 2 bulan.

Perkembangan anak usia 2 bulan telihat jelas pada pertambahan berat badan, dari umur 1 menuju 2 bulan pertambahan berat badan bayi bisa mencapai 800 gram bahkan ada yang 1 kg. Perkembangan psikis bayi; sudah mampu merespon dengan senyuman terutama melihat orang disekitarnya sedang tersenyum, selain itu bayi juga sudah bisa menggenggam jemari orang lain di dekatnya dengan erat.

Kepala bayi masih belum bisa tegak sempurna, karena tulang lehernya belum terlalu kuat. Sebagian orang masih membedong anak umur 2 bulan terutama pada saat cuaca dingin dan ketika bepergian. Alangkah baiknya anak bayi 2 bulan belum dibawa bepergian jauh. Pernah saya tanyakan dokter, apakah anak bayi umur 2 bulan sudah bisa dibawa bepergian dengan naik pesawat? Dokter tersebut menjawab "sebaiknya jangan". Dari jawaban singkat itu mudah-mudahan kita memahami maknanya... Jangan karena keinginan orang tua memamerkan si buah hati akhirnya memaksakan diri membawa anak 2 bulan bepergian jauh.

Semua kita orang tua sudah pasti banggga dan ingin selalu memperlihatkan anak kita pada orang-orang terdekat. Sekarang jaman sudah modern mbak... memamerkan anak bayi bisa kok dengan MMS, Instagram, atau dengan video call. Jadi kenapa harus mengambil resiko dengan membawa anak bepergian jauh?

Pada usia 2 bulan ini pakaian bayi yang cocok adalah baju kaos lentur. Baju kemeja berkancing hanya akna membuat bayi mudah masuk angin terutama jika anak 2 bulan sudah tidak dibedong atau diberi gurita lagi. Oh iya kata bidan yang merawat anak saya, gurita itu hanya dipakai maksimal selama 1 bulan, hal ini karena gurita dapat mengganggu perkembangan paru-paru dan orgam dalam anak lainnya terutama bila gurita tersebut dipakaiakan terlalu ketat.

Tidak usah terlalu memikirkan mainan yang cocok untuk bayi usia 2 bulan, mereka toh belum mengerti banyak tentang arti sebuah permainan. Kalau menurut buku yang saya baca... mainan yang cocok hanya berupa mainan yang digantung diatas temapat tidur bayi, berwarna warni dan mengeluarkan bunyi-bunyian. Mainan seperti ini banyak dijual di baby shop bahkan biasanya di tempat tidur bayi mainan tersebut telah tersedia.

Itulah pendapat saya mengenai apa saja yang bisa dilakukan bayi usia 2 bulan, semoga tulisan singkat ini bisa membantu.


Related Post

Tidak ada komentar: