Membeli Pakaian Bayi Umur 3 Bulan


Sebelum membeli baju bayi umur 3 bulan alangkah baiknya kita memahami kepandaian anak pada usia ini. Pada umumnya di umur 3 bulan anak sudah bisa mengangkat kepalanya ketika sedang tengkurap, mencenkram benda dengan tangannya (jari ibu atau sejenisnya). Kuatnya cengkraman ini bisa bertahan lama dan  dia juga bisa melakukan tindakan menarik benda yang dicengkramnya tersebut, hal lain tentang perkembangan bayi usia 3 bulan dapat dibaca di sini.

Karena bayi umur tiga bulan sudah bisa mencengkram dan menarik cengkraman tersebtu sebaiknya dalam membeli baju-nya kita pilih baju yang polos-polos saja tanpa ada manik-manik atau pernak-pernik yang mungkin bisa ditarik anak bayi hingga copot. Syukurlah pada usia ini anak sudah bisa dipasangi pampers (untuk menghemat pampers kita bisa membeli clodi, selengkapnya baca di sini), sehingga penggantian celana akibat buang air kecil tidak sesering pada usia 1 hingga 2 bulan. dengan begitu jumlah pakaian yang harus dibeli tidak sebanyak ketika bayi baru lahir.

Adapun model baju yang cocok untuk anak bayi umur 3 bulan ini adalah:
Di siang hari:
  • Celana pendek berbahan lembut dengan pinggang dari karet yang lentur
  • Baju kaos lengan pendek yang kerahnya lentur dan mudah dipasangkan
  • Singlet atau baju dalam untuk bayi. 

Ketika bepergian dengan membawa anak:
  • Gendongan bayi yang berkapasitas minimal 4 Kg
  • Kaos kaki dengan karet pergelangan yang longgar atau lentur.
  • Topi dari bahan yang lembut dan berkaret
  • Baju hangat dan celana panjang


Di malam hari:
  • Baju kaos lengan panjang (sebaiknya jangan pakaikan anak 3 bulan dengan piama berkancing / model kemeja saat tidur, karena antara kancing terdapat celah yang dapat membuat bayi masuk angina)
  • Celana panjang, dengan pinggang dari karet (sejenis trening), bisa juga kenakan celana panjang yang bagian ujung kakinya tertutup. Sehingga saat tidur bayi tidak perlu dipasangi kaos kaki, dimana karet pergelangannya dapat menghambat peredaran darah.
  • Untuk daerah dingin sebaiknya selain pakaian tersebut pakaikan juga bedong, walaupun usianya sudah 3 bulan. 

Ketika membeli baju untuk bayi 3 bulan di pasar atau baby shop sebaiknya beli saja pakaian untuk anak usia 4 atau 5 bulan, anda tidak akan menyangka-nyangak pertumbuhannya, dalam sebulan bisa saja semua pakaian yang kita beli bulan lalu sudah kekecilan. Jadi kalau kita membeli baju dengan ukuran ngepas di badan maka siap-siaplah belanja baju setiap 2 minggu hingga 1 bulan sekali dalam jumah yang banyak, hal ini sudah saya alami karena anak saya baru anak pertama sehingga masih kurang pengalaman dalam membeli pakaian bayi.

Harga satu set pakaian bayi untuk umur 3 bulan seperti yang saya sebutkan diatas sekitar 300 ribu selusin (untuk kualitas menengah) dan sekitar 400 – 500 ribu / lusin untuk kualitas bagus. Jika anda membeli baju anak bayi yang ukurannya dilebihkan 2 hingga 3 bulan maka pembelian baju bisa dihemat menjadi 2 – 3 bulan sekali.


Related Post

Tidak ada komentar: