Makanan bayi dibawah 6 bulan


Sebenarnya sangat tidak dianjurkan memberi makanan selain ASI untuk anak bayi dibawah 6 bulan. Hal ini karena kebutuhan nutrisi bayi sebenarnya sudah sempurna dan cukup dengan pemberian asi saja. Masuknya makanan lain selain ASI malah bisa mengganggu perkembangan system pencernaan bayi. Oleh karena itu selalu dianjurkan bahkan dikampanyekan melalui media TV agar bayi hanya diberi ASI hingga usia 6 bulan.

Pemebrian makana selain asi pada bayi dibawah 6 bulan lebih karena kekhawatiran ibu “takut anak jadi kurus (kelaparan)”. Padahal lambung anak pada usia ini masih sanagt kecil, jadi dengan ASI saja mereka sebenarnya sudah kenyang. Terkadang seorang ibu memberi makan anak bayi usia dibawah 6 bulan ini karena melihat bayi lain yang lebih gemuk, jadi mereka juga terobsesi ingin anaknya juga terlihat gemuk.

Saya punya pengalaman, ketika anak bayi kami yang waktu itu masih dibawah 6 bulan dibawa ke posyandu. Kala itu ada ibu muda yang dimarahi petugas posyandu karena anaknya terlihat terlalu gemuk, karena anak bayi ibu muda ini ternyata diberi makanan lain selain ASI pada usia dibawah 6 bulan. Munurut petugas posyandu, kondisi bayi yang terlalu gemuk tersebut dapat menghambat perkembangan psikis si bayi, dan juga bayi tersebut bisa kekurangan antibody yang akan terasa di masa yang akan datang. Hal ini wajar saja sebab ASI merupakan sumber antibiotic dan pembetuk antibody dasar paling baik di dunia, jika bayi dibwah 6 bulan diberi makanan selain ASI maka mereka cepat Kenyang dan malas untuk minum ASI.

Sesuai anjuaran dari buku posyandu, makanan untuk bayi dibawah 6 bulan hanyalah ASI saja. Jika ada keterbatasan seperti, air susu ibu kurang atau tidak ada sama sekali, atau karena ibu kena penyakit menular, barulah bayi bisa diberi susu bantu (susu formula). Jadi sanagat diharapkan ibu-ibu muda tidak ada lagi yang menggantikan ASI pada bayi mereka dengan susu formula karena alasan sibuk (wanita karir). Ingat saat ini sudah bayak dijual alat pemompa dan penyimpan asi yang dapat dibawa ke kantor, dan sudah banyak juga kantor (perusahaan) yang menyediakan ruangan khusus buat karyawati memerah ASI.

Kesimpulannya, tidak ada resep makanan khusus untuk makana bayi dibawah 6 bulan. ASI dapat digantikan dengan susu formula bila ibu sakit, ASI tidak keluar atau tidak ada sama sekali. Perlu diingat lambung anak bayi dibawah enam bulan itu sangat kecil, dan belum begitu mampu untuk mencerna makanan selain asi, bayi gemuk belum tentu sehat. Makanan pembatu asi (bubur susu, bubur tim, pisang gerus, dll) hanya merupakan makana anak bayi diatas 6 bulan. Semoga share sederhana ini dapat bermanfaat untuk kita semua.


Related Post

Tidak ada komentar: