Perkembangan Bayi Umur 12 Bulan


Setelah anak berumur 12 bulan, biasanya mereka sudah bisa diajarkan banyak hal, seperti berdiri dan berjalan berpegangan dan lainnya. Pada usia 1 tahun ini sebaiknya ibu sudah bisa melatih anak untuk mandiri dalam hal-hal sederhana, namun bukan berarti menyuruh mereka mandiri di usia 12 bulan, sebab pengawasan tetap dibutuhkan bahkan perlu ditingkatkan.

Biaya untuk perlengkapan dan peralatan bayi akan semakin meningkat, jadi pintar-pintarlah dalam mengurus dan memanage kebutuhan keluarga dan kebutuhan anak. Untuk tetaplah mencari perlengkapan bayi murah tapi bukan murahan, perlengkapan seperti itu dapat dipilih langsung jika ibu berbelanja di grosir perlengkapan anak.

Apa saja yang sudah bisa dilakukan bayi 12 bulan? Perkembangan anak umur 1 tahun dapat ibu lihat di bawah ini:
  1. Pada umur 12 bulan seharusnya sudah bisa berdiri berpegangan pada sesuatu seperti meja, badan ibu atau bapak dan lain-lain.
  2. Pada usia ini sudah mampu meniru beberapa kata sederhana seperti mamam.. (makan) num (minum), mama, papa, nggak, ia… dan lain-lain.
  3. Anak sudah mengenal semua anggota keluarga, dan mengetahui panggilan mereka.
  4. Jangan heran jika anak umur 1 tahun ini bisa menangis bila digendong orang yang tidak dikenalnya, sebab memang bayi umur 12 bulan sudah mulai takut kepada orang-orang yang belum dikenalnya.
  5. Meminta sesuatu dengan menunjuknya, anak umur satu tahun sudah mulain meminta tanpa merengek.
  6. Mulai pada usia ini ajari anak untuk berjalan di undakan.
  7. Beri mainan yang aman sebab pada usia ini anak masih suka memasukkan sesuatu yang ada ditangannya kedalam mulut.
Peralatan makan anak umur satu tahun sudah sama dengan perlengkapan makan keluarga, saat ini ajari anak untuk memegang makanan sendiri atau makan sendiri, biarkan saja remah nasi bertebaran karena ulah mereka jangan dimarahi agar mereka bisa terbiasa makan sendiri nantinya. Tapi tetap saja untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak umur satu tahun disuapi.. makan sendiri hanya berupa kegiatan tambahan bagi anak.
Saat umur satu tahun kita sudah bisa membacakan cerita anak dengan ekspresi, agar mereka dapat berkembang dengan baik dalam berbicara dan memahami berbagai ekspresi wajah. Itulah beberapa perkembangan anak bayi umur 12 bulan, sebagian besar bersumber dari posyandu semoga bermanfaat.


Related Post

1 komentar:

nita gita mengatakan...

trim's infonya....