Makanan Anak Bayi Umur 9–11 Bulan


Ketika anak ber-umur 9 – 11 bulan tetap berikan ASI sebagai makanan utama. Pada umur 9 bulan ini cara membuat dan memberi makan bayi lebih mudah daripada umur 6 bulan, Sebab saat ini sudah dianjurkan makan makanan yang lebih keras. Adapun beberapa makanan untuk bayi umur 9 – 11 bulan ini diantaranya:
  • Bubur nasi, membuatnya cukup mudah sama saja dengan menanak nasi hanya saja airnya lebih banyak 1/4 kali dari menanak nasi biasa.
  • Nasi tim, sama halnya dengan bubur nasi hanya saja nasi tim menanaknya dicampur dengan sumber protein (telur, daging, tahu, tempe atau ikan) dan sayuran. Makanan ini juga biasa diberi pada anak bayi umur 6 bulan.
  • Nasi lembek, beberapa keluarga di Indonesia memang lebih menyukai nasi yang ditanak dalam keadaan lembek, sehingga membuat makanan bayi umur 9 – 11 bulan menjadi lebih mudah, sebab bisa ditanak bersamaan nasi keluarga.
Pemberian sumber protein untuk anak bayi 9 – 11 bulan juga menjadi lebih mudah, anak pada usia ini sebaiknya mulai dibiasakan makan dengan lauk terpisah atau tidak ditanak bersamaan dengan nasi. Pilihlah sumber protein yang mudah dilunakkna atau dilumatkan seperti telur, tahu, ikan, daging ayam, daging sapi muda yang dilunakkan. dan lain-lain.

Adapun cara memberi makan anak bayi umur 9 – 11 bulan adalah sebagai berikut:
jadwal dan jenis makanan bayi 9 bulan
tampilan tabel dalam bentuk gambar

Jenis makanan yang diberikan Frekuensi pemberian Jumah yang diberikan
Asi Teruskan pemberian asi seperti biasanya semau bayi
Makanan yang lunak atau lenbek bisa juga makanan yang dicincang agar lebih mudah ditelan. makanan lembek atau makanan lunak ini diberi 3 sampai 4 kali per hari jumlah yang diberikan sekitar 125 cc atau setengah gelas.
Makanan selingan usahakan makanan yang dapat dengan mudah dipegang oleh anak makanan selingan ini diberi secara selingan 1 samapai 2 kali  setiap hari sekedarnya saja
Sumber: informasi posyandu

Setiap kali memberi makan anak umur 9 – 11 bulan ini biasakan memberi ASI terlebih dahulu, ASI hanya dapat dihentikan pemberiannya karena alasan medis saja, jika ini terjadi maka beri anak susu bantu (susu formula) 1 samapai 2 gelas susu setiap hari. Itulah cara pemberian makan untuk bayi umur 9 – 11 bulan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.


Related Post

Tidak ada komentar: