Jadwal Imunisasi Bayi dan Pemberian Vitamin A


Ada sebahagian orang yang tidak memberi imunisasi pada bayi mereka dengan berbagai alasan. Kita tidak akan membahas masalah perbedaan pendapat tetang imunisasi di blog ini, karena saya memang bukan ahli kesehatan anak. Saya hanya akan membagikan daftar atau jadwal Imunisasi dan pemberian kapsul Vitamin A.

Beikut ini Jadwal Imunisasi anak:
Umur/ waktu imunisasi Jenis imunisasi yang diberikan
0 - 7 HB 0
1 Bulan BCG dan Polio 1
2 Bulan DPT/HB1 dan Polio 2
3 Bulan DPT/ HB 2 dan Polio 3
4 Bulan DPT/ HB 3 dan Polio 4
9 Bulan Imunisasi Campak
Sumber: Buku Posyandu Depkese.
Jadwal Pemberian Kapsul Vitamin A
Kapsul vitamin A bisa diminta pada bulan februari dan pada bulan agustus di Posyandu secara gratis, Jenis kapsul vitamin A untuk anak bayi ada dua jenis yakni:
  1. Kapsul Vitamin A warna Biru diberikan untuk anak berumur 6 hingga 11 bulan dan dapat diberikan sekali dalam setahun. 
  2. Kapsul Vitamin A warna merah dapat diberikan untuk anak berumur 1 hingga umur anak 5 tahun, kapsul vitamin A ini diberikan pada anak sebanyak 2 kali dalam setahun.
Pengalaman tentang campak:
Anak saya kebetulan terkena campak bulan lalu, padahal dia belum diberi imunisasi campak sebab usianya belum sampai 9 bulan. Setelah kami bawa ke bidan, ternyata menurut bidan bayi yang terkena campak pada umur sebelum 9 bulan cukup biasa terjadi dan tidak perlu diberi obat khusus, malah bidan tersebut hanya menganjurkan agar anak kami diberi sari buah-buahan saja. Menurut beliau daya tahan pada umur 6 bulan masih cukup tinggi karena pengaruh asi dan kolostrum, sehingga tidak perlu dikhawatirkan dan tidak perlu diberi obat khusus.

Gejala campak pada anak bayi memang sulit diketahui, kami saja tahu kalau anak terkena campak karena keluar bintik-bintik merah kecil-kecil sekujur tubuhnya, padahal ciri-ciri seperti ini adalah tanda menjelang berakhirnya (mau sembuh) penyakit campak.

Itulah jadwal Vaksinasi bayi dan pemberian Vitamin A. Semoga bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.


Related Post

Tidak ada komentar: