Ciri-ciri bayi sehat


Mungkin kita masih banyak bertanya apa sebenarnya ciri-ciri bayi lahir sehat. Berdasarkan beberapa buku panduan persalinan disebutkan bahwa cirinya adalah sebagai berikut.
  1. Setelah lahir bayi segera menangis, hingga ada istilah ketika bayi lahir menangis semua senang.
  2. Pernafasannya teratur
  3. Banyak bergerak, jadi jangan heran kalo anak baru lahir yang belum dibedong sangat aktif bergerak.
  4. Warna kulit kemerahan, jika kuning itu tanda ada kelaianan
  5. Minimal berat badan baru lahir yang sehat 2,5 Kg.
Selain tanda-tanda bayi sehat tersebut kita juga perlu mengetahui ciri-ciri adanya penyakit, adapun tanda-tandanya sebagai berikut:
  1. Tidak mau minum atau menyusu…
  2. Mulut mencucur.. hal ini terlihat seperti mulut ikan
  3. Anak terlihat kejang-kejang
  4. Nafas terlihat cepat dan sesak
  5. Anak mengalami diare secara terus menerus…
Hal lain yang paling perlu diperhatikan tentang kondisi dan penyakit yang serius dapat menyebabkan kematian pada bayi adalah: Anak yang lahir dengan berat badan rendah atau kurang dari 2,5 KG, terkena tetanus, ditemukan diare, serta adanya infeksi di daerah saluran pernafasan yang akut.

Secara umum bayi sehat akan segera menangis sesudah lahir, bila tangisan tidak terdengar berarti ada kelainan. Adapun manfaat tangisan pertama adalah untuk melonggarkan saluran pernafasan sehingga berjalan dengan baik. Biasanya anak baru lahir yang tidak menangis dokter atau bidan akan melakukan tindakan resusitasi yang berguna untuk merangsang mereka menangis. Caranya adalah dengan menepuk-nepuk kaki bayi baru lahir tersebut sambil diberi stimulus dan juga menghisap lendir di tenggorokan anak.

Itulah beberapa ciri atau tanda-tanda bayi baru lahir yang sehat.Bagaimana apakah itu terjadi pada anak anda, yang terjadi itu yang mana? apakah ciri-ciri sehat atau ciri-ciri adanya kelainan. Jika terjadi kelainan tetaplah tenang dan jangan terlalu panik, serahkan sepenuhnya penanganannya anda pada dokter anak atau bidan, sebab mereka sudah semestinya mengetahui perlakuan dan tindakan yang tepat untuk menolong anak yang baru lahir.


Related Post

1 komentar:

Isyraq Muna mengatakan...

artikel yang menarik..